Restocking Targetkan Minimal 150 Ribu Bibit Ikan Nilem & Tawes Berkembang Biak Diberbagai Sungai Wilayah Banyumas

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Banyumas)-, Dalam rangka menjaga kelestarian sumber daya ikan di perairan umum wilayah Kabupaten Banyumas, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas, sampai dengan bulan Juli 2021 telah melaksanakan kegiatan penebaran benih ikan (restocking) sebanyak 146 ribu. Restocking dilakukan diberbagai sungai di Kabupaten Banyumas dan terakhir dilakukan penebaran 10.000 benih ikan di Curug Nangga Desa Petahunan Kecamatan Pekuncen beberapa hari lalu.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas Drs. Sulistiono, M.Si mengatakan bahwa kegiatan restoking bertujuan untuk menjaga kelestarian sumber daya ikan di alam agar ketahanan pangan masyarakat dapat terjaga melalui pemanfaatan perairan umum. Ia menambahkan bahwa Dinkannak mentargetkan minimal 150 ribu bibit ikan nilem dan tawes untuk dilakukan penebaran di perariran umum.

“Untuk menjaga ekosistem ikan di perairan daratan, kita harus mengikuti aturan pengambilan ikan yang wajar sebagai komitmen dalam mendukung program pengelolaan sumberdaya perikanan tangkap di perariran umum daratan yang efektif, optimal dan terpadu guna menjamin produksi ikan yang optimum dan berkelanjutan,” katanya. Sabtu (31/07/221).

Ia menghimbau agar penebaran ini dapat digunakan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab agar fungsi dan peran perairan sebagai ekosistem dapat seimbang serta mampu meningkatkan hasil tangkapan ikan, pendapatan masyarakat dan pembudidaya perikanan. “Kita mengajak warga dapat ikut mendukung program pengelolaan sumberdaya perikanan,” lanjutnya.

Menurutnya dalam menjaga ekosistem perairan umum melalui kegiatan restoking, ketersediaan ikan di perairan umum dan bisa memberikan nilai tambah jika dimaksimalkan dengan baik.

“Oleh karena itu kami mengajak kepada masyarakat terutama masyarakat disekitar perairan umum untuk ikut menjaga benih ikan yang ditebar dan dibiarkan tumbuh besar dan nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Serta dalam pengambilan harus dengan cara yang wajar dan ramah lingkungan,” pungkasnya

(Sumber: Humas Pemkab Banyumas)

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60