Bupati Sumedang Ikuti Rakor Evaluasi PPKM Bersama Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Jeky

Koran SINAR PAGI, Sumedang, – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengikuti Rapat Koordinasi Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Wilayah Industri secara Virtual di Gedung Negara, Senin, (26/7/21).

Rakor tersebut dipimpin oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan dihadiri Menteri Perindustrian dan Menteri Kesehatan RI serta diikuti oleh Gubernur, Bupati dan Walikota di wilayah DKI Jakarta, DIY Jogjakarta, Banten, Jawa dan Bali.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, tingginya intensitas cahaya dimalam hari yang terjadi di daerah industri mengindikasikan bahwa industri masih melakukan aktifitas selama penerapan PPKM.

Berdasarkan data dan informasi yang diperoleh dari daerah Karawang, penyebaran varian delta lebih cepat terjadi di wilayah industri jika dibandingkan dengan wilayah non industri.

Namun demikian, berkaca dari pengalaman yang terjadi di daerah Kudus, dampak dari peningkatan aktifitas industri terhadap peningkatan kasus Covid-19 dapat dimitigasi melalui penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Berkaitan dengan hal itu, protokol kesehatan untuk Industri perlu diperinci dengan menggunakan best practice yang layak untuk kemudian dijadikan standar bagi seluruh Industri.

Mengenai prosedur penerapan protokol kesehatan di wilayah Industri, Kementerian Perindustrian RI telah mengeluarkan surat edaran terbaru yang nantinya akan ditindaklanjuti melalui pelaksanaan monitoring ddilapangan secara ketat.

Selain penerapan prokes secara ketat, vaksinasi juga harus dipercepat untuk para pekerja industri. Sehingga kedepan, sektor operasional industri selama PPKM tidak hanya berdasarkan sektor esensial dan kritikal tetapi akan sangat ditentukan oleh penerapan prokes dan vaksinasi.

Pos terkait

banner 468x60