147 Masuk Perguruan Tinggi Negri SMA Negri I Sumbul Dairi Sekolah Yang Dibanggakan Orang Tua Siswa

Pewarta Amsar Marbun. 

Koran SINAR  PAGI, Kabupaten Dairi,- Prestasi SMA Negri 1 Sumbul, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi,  Sumatera Utara, dari tahun ke tahun membenahi diri proses belajar dan mengajar guna meningkatkan mutu pendidikan mampu bersaing dengan perguruan lainnya masuk ke Perguruan Tinggi Negri di Seluruh Indonesia. 

Hal itu terungkap dari sejumlah orang tua siswa kepada wartawan mengatakan, kesungguhan guru guru pendidik di SMA Negri 1 Sumbul yang dipimpin Kepala Sekolah SMA Negri 1 Sumbul Drs Silas Sahat Sombing. 

Mereka warga Sumbul yang mengaku marga Sihotang, Manik dan Marbun yang secara terpisah ditemui media ini  mengatakan, dimasa covid 19, tahun ajaran 2021, yang belajar jarak jauh ( Daring) siswa /i SMA negri 1 Sumbul mampuh bersaing masuk perguruan tinggi negri di seluruh Indonesia.

Ini merupakan prestasi yang patut kami banggakan bahwa anak anak kami yang sekolah di SMA Negri 1 Sumbul mampuh bersaing dengan sekolah lain masuk perguruan tinggi negri di seluruh indonesia. Ujar orang tua siswa. 

Kepala Sekolah SMA negri I Sumbul Silas Sahat Simhombing yang dikonfimasi media ini diruang kerjanya Senin (19/07-21), membenarkan bahwa Siswa/i SMA Negri I Sumbul masuk perguruan tinggi sebanyak 147 orang siswa/i dari 360 siswa/i kelulusan tahun ajaran 2021, terang Sihombing.

Ia menjelaskan, jumlah yang lulus di tahun ajaran 2021sebanyak 360 siswa/i . Dari 360 siswa/i yang masuk ke perguruan Tinggi Negri 147 siswa di berbagai perguruan tinggi di indonesia.

Persentasi siswa/i tahun 2021 yang masuk PTN naik di tahun ajaran 2021 ini. Pada tahun 2020  jumlah siswa/ i lulus  360 di tahun 2020  yang masuk ke PTN hanya 120 orang. Ujar Sihombing. 

Ketika wartawan Media bertanyak apa resepnya, dimasa wabah Virus Corona ini yang sistim belajarnya jarak jauh (Daring) tanpa tatap muka, siswa/i SMA negri I Sumbul, mampu meraih lulus masuk diberbagai perguruan tinggi negri di indonesia.? 

Kepala  Sekolalah SMA Negri I Sumbul Silas Sahat Sihombing dengan singkat mengatakan, kita ingatkan siswa/i itu bahwa mereka itu pelajar, karena itu belajar lah dengan baik, belajar itu tugas pokok nya belajar. 

Bagi kami sebagai tenaga pengajar, guru, guru mendidik siswa /i itu dengan sungguh sungguh, dan dengan sebaik baiknya. Selain itu, kata Kepala sekolah SMA Negri I Sumbul Silas Sahat Sihombing, mengatakan dimasa Covid 19 yang mencemaskan ini.

Kita tidak bisa dikalahkan oleh alam, kita harus kelola alam dengan baik, wabah virus corona ini kita serahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga cepat menghilang dari bumi ini. 

Dengan kesungguhan anak didik siswa/i SMA Negri I tekun belajar mereka yang dapat hasinya masuk perguruan tinggi. Ujar Sihombing. 

(13)