Dukcapil Kab.Dairi Beri Pelayan Yang Prima Kepada Warga Yang Membutuhkan

Pewarta Amsar Marbun

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Dairi,– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi selalu melakukan pelayan yang prima kepada warga yang membutuhkan. Pengamatan wartawan di kantor Dukcapil Dairi.

Sejumlah warga yang sedang yang mengurus KTP el dan KK ketika ditanyai mereka mengatakan pelayanan yang di berikan petugas Dukcapil baik dan cepat Ujar mereka. 

Demikian  juga hal nya pelayanan yang diberikan petugas Dukcapil terhadap penyandang disabilitas untuk rekam biometrik sebagai syarat penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dilayani petugas dengan baik. 

Warga dari berbagai desa dan kelurahan yang berurusan mengurus KTP -el KK ,  mengaku, pelayanan yang yang diberikan petugas sangat baik dan memuaskan Sebut Warga. 

Seperti pelayanan terhadap penyandang cacat distablitasi yang berdomisili Lae Mbulan kelurahan Panji Dabutar Kecamatan Sitinjo. Kepala Dukcapil Kabupaten Dairi Dedy Situmorang kepada wartawan mengatakan, pelayanan yang baik merupakan tanggung jawab kami kepada warga yang membutuhkan. Ujar Dedy. 

“Kami sangat mengapresiasi kedatangan Ibu Resmi Sidabutar melakukan perekaman KTP-el langsung ke Dinas Dukcapil Dairi karena KTP-el ini dapat dipergunakan dalam berbagai urusan”, kata Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang.

KTP-el penting dan vital sebagai bukti identitas diri yang dapat dipergunakan untuk memperoleh hak-hak sebagai warga negara seperti memperoleh bantuan dari pemerintah, membuka tabungan, mendaftar BPJS dan keperluan lainnya.

“Ibu tersebut datang didampingi orangtua perempuannya dengan mempergunakan kendaraan umum. Begitu sampai, kami langsung menyediakan kursi roda dan mengantar keruang rekam biometrik, ujar Deddy.

Setelah selesai perekeman, dengan menggunakan kenderaan dinas Dukcapil ibu tersebut di antar pulang kerumahnya.

“Kami juga berharap apabila ada Warga Dairi tidak dapat datang ke Dinas Dukcapil atau ke Kantor Camat untuk melakukan perekaman biometrik karena faktor kesehatan, usia, penyandang disabilitas atau faktor lainnya.

Warga dapat menginformasikannya ke Dinas Dukcapil Dairi atau kantor Camat untuk dijadwal pelaksanaan perekaman ditempat”, sebut Deddy.

Pada kegiatan pelayanan Jemput Bola (Jempol) yang langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pelayanan urusan dokumen adminduk.

Ini merupakan perubahan cara kerja yang saat ini terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah pemerintahan Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu.

“Pemerintah ada untuk melayani warga sehingga penuntasan kepemillikan identitas seluruh warga dapat diwujudkan”, Ujar Deddy.

(12)