Kades Desa Pagagan Julu III Dilantik Bupati Dairi Secara PAW.

Pewarta : Amsar Marbun

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Dairi,- Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Brutu melantik Kornelius Tamba menjadi Kades Desa Pagagan Julu III,  Kecamatan Sumbul Pagagan secara PAW  karena Kades meninggal dunia sementara untuk masa jabatannya 2021 -2023. Acara berlangsung di Aula kantor Camat Sumbul Pagagan Rabu (14/07-21).

Pada kesempatan itu, Bupati berpesan agar amanah rakyat yang diemban oleh kepala desa untuk senantiasa dijalankan dengan mengedepankan kepentingan masyarakat.

“Saya berpesan kepada kepala desa yang baru agar di dalam mengemban tugas harus senantiasa jadi panutan termasuk juga dalam pengelolaan dana desa agar digunakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Bupati.

Bupati Eddy menyebut pergantian antar waktu jabatan kepala desa ini dilakukan karena kepala desa yang lama yang saat itu diemban oleh Bapak Lomo Sinurat meninggal dunia beberapa waktu yang lalu.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengajak para hadirin untuk mengheningkan cipta sejenak mengenang kembali jasa kepala desa yang lama seraya memohon doa kiranya almarhum ditempatkan di tempat yang terbaik.

“Saya ucapkan selamat kepada Kades yang baru. Sesuai Peraturan daerah nomor 7 tahun 2019, sudah dilakukan Pilkades antar waktu karena pejabat lama meninggal dunia. Saat ini masih ada sisa masa jabatan yang belum berakhir maka kepala desa sebagai kepala desa pengganti antar waktu harus mampu meneruskan tugas ini dengan baik,” kata Eddy Berutu.

“Tali silaturahmi hendaknya jangan sampai terputus. Saya harap kades yang baru mampu menjalin dan mempererat hubungan antar masyarakat meskipun pada proses Pilkades lalu ada tantangan dan dinamika namun semua itu wujud demokrasi yang sangat wajar. 

Mari bersama-sama memberi sumbangan pemikiran untuk Pegagan Julu III. Kita harus berkeyakinan hari esok akan lebih baik dari hari ini,” tambahnya.

Diakhir arahannya bupati berpesan agar kades yang baru segera berkoordinasi dengan satgas Covid di Kecamatan dan Desa untuk penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Perlu saya ingatkan visi misi pemkab Dairi mewujudkan Kabupaten Dairi yang unggul dalam harmoni keberagaman harus selaras dengan program yang akan dilaksanakan oleh kades PAW. 

Dan dalam situasi seperti saat ini Pandemi belum berakhir, jadi saya berpesan agar penanganan penyebaran Covid ini harus betul-betul jadi perhatian kita. Jalankan prokes, kurangi aktifitas luar rumah yang mengundang kerumunan,” tutup Bupati.

Turut hadir dalam pelantikan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Junihardi Siregar, Camat Sumbul Rimson Simamora, Forkopimca yang diwakili Danramil, Rohaniawan tokoh masyarakat dan beberapa kerabat kades PAW. 

(11)