Harun Sarbini, Pejuang Guru

  • Whatsapp
banner 468x60

Oleh : Dudung Nurullah Koswara
(Dewan Pembina PGRI)

Adalah sosok Harun Sarbini Sang Pejuang Pendidikan dan pejuang guru. Ia adalah aktivis PGRI Kota Sukabumi yang tiada henti berkhidmat pada umat. Ia adalah guru aktivis di PGRI, MUI, dosen, pengawas sekolah dan sejumlah giat lainnya. PGRI Kota Sukabumi kehilangan sosok yang khas dan militan.

Khas sosok beliau sebagai guru ahli agama, penda’wah dan pendoa yang baik. Ia adalah pribadi yang rendah hati tapi punya ideaIisme Iuar biasa daIam berda’wah. Ia adalah penda’wah multitalenta. Ia berda’wah di MUI, PGRI, perguruan tinggi dan sejumIah entitas Iainnya.

Dahulu saat Saya terpiIih menjadi Ketua PGRI Kota Sukabumi, Beliaulah diantara senior dan pengurus Iama yang mendukung perubahan di tubuh PGRI. Beliau adalah pribadi prestatif yang sudah melintasi dunia pendidikan dengan baik. Bahkan mungkin bisa disebut mendekati sempurna.

BeIiau dalam catatan sejarahnya pernah menjadi guru berprestasi. Pernah menjadi kepaIa sekolah berprestasi. Pernah menjadi pengawas sekolah berprestasi. Beliau pun adalah pengurus organisasi PGRI berprestasi dan sangat dedikatif. Sosok Harun Sarbini adalah pejuang guru yang multitalenta.

Sang Pejuang guru mendapatkan sejumlah ciri. Diantara ciri itu adalah berprestasi, aktif di organisasi perjuangan guru dan tanpa pamrih berjuangan untuk guru. Prestasi itu salah satu bentuk perjuangan profesi guru. Memperjuangankan harkat martabat guru diantaranya dengan wujud prestasi. Guru berprestasi adalah guru yang memperjuangkan citra entitas guru.

Aktif di organisasi profesi guru adalah bagian dari dedikasi dan prestasi. Ini amanah UURI N 14 Tahun 2005. Guru yang aktif di organisasi profesi berarti guru yang “waras” membaca amanah negara yang tertuang dalam Undang-undang. Sosok Harun Sarbini adalah aktivis PGRI yang dedikatif dan religius.

Dedikasi dan loyaIitas sososk Harun Sarbini adalah karakter yang sudah menyatu dalam dirinya. Ia seorang penceramah keagamaan yang sangat aktif. Kata, tindak dan amalannya adalah buah dari pemahaman kuat tentang substansi ajaran agama. Baginya berprestasi, berkhidat pada umat adalah jihad.

Ya Allah yang maha kasih berikan Surga terbaik baginya. Memang pepatah bijak mengatakan, “Orang soleh kadang dirindukan Tuhan dan Ia dipanggil duluan”. Sejumlah orang yang lebih soleh dari kita, faktanya banyak yang dipanggil Ilahi untuk menghadapnya. Allah rindu dan ridha kepadanya, amiiin YRA.

Selamat jalan Kakak Ku H.Harun Sarbini, guru sejati yang santun namun sangat militan dan idealis. Insyaallah amalan Mu tak terhitung. Selamat jalan Sang Pejuang Guru. Kami meneladani segala militansi dan spirit bela martabat guru. Kita Iahir dari rahmat AIIah, hidup mencari rahmat Allah dan kembali pada rahmat Allah. Semoga kita semua selalu berada dalam lingkaran ridha dan rahmat Allah.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90