Babinsa Koramil 08/Rambang Lubai, Serda Sahrir Dampingi Warga Karang Makmur Tracking

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Iwan Brata

Kabupaten Muara Enim – Guna mendukung kebijakan isolasi mandiri di rumah bagi pasien Covid-19, tim Puskesmas Sumber Mulya bersama Babinsa Koramil 08/Rambang Lubai, Serda Sahrir dan Bhabinkamtibmas melakukan penelusuran pasien warga Desa Karang Agung Kecamatan Lubai Ulu.

Tracking merupakan proses yang terdiri dari penilaian dan pengelolaan terhadap seseorang yang terpapar penyakit dengan tujuan untuk memutus rantai penyebaran.

“Putusnya rantai penularan akan dapat mengendalikan pandemi Covid-19, ketika ada seseorang yang pernah terinfeksi Covid-19, maka semua orang yang kontak langsung atau erat, akan diidentifikasi dan diberi informasi,” ungkap petugas Puskesmas Sumber Mulya disela-sela tracingnya.

Menurutnya, proses tracing ini sangat bergantung pada penilaian individu, karena informasi yang diberikan akan menentukan langkah-langkah yang akan diambil selanjutnya terkait pengujian, perawatan dan penerapan.

Ada beberapa kategori yang masuk dalam penelusuran, yaitu berhubungan (kontak langsung) dengan orang yang terinfeksi dari 2 hari sebelum sampai 14 hari setelah ditemukannya kasus, yaitu mereka yang berada dalam jarak 1 meter dari pasien Covid-19 selama lebih 15 menit dan mereka yang pernah kontak langsung dengan kasus covid-19 tanpa APD.

“Kita sedang melakukan penelusuran keluarga pasien Abdul Aziz warga Karang Makmur, Desa Karang Agung Kecamatan Lubai Ulu yang sedang melaksanakan isoman, harapan kami, isoman benar-benar dilaksanakan sesuai prosedur. Begitu juga pihak keluarga serumah dan tetangga terdekat, sampai ada swab,” tuturnya.

Dia meminta agar pasien benar-benar patuh dan tidak melakukan kontak dengan orang lain saat melaksanakan isoman, sehingga isoman tidak menjadi penyebaran virus klaster keluarga.

“Kita dampingi tim Puskesmas dalam menelusuri, agar berjalan aman dan lancar, sehingga pasien yang melaksanakan isoman benar-benar mengikuti prosedur yang sesuai, sehingga isoman tidak dimanfaatkan untuk jalan-jalan atau sebagainya,” jelasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90