Pemkab Bangka Tetapkan 3 OPD Ini Jadi Zona Integritas

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Sermon Simanihuruk

Koran SINAR PAGI, Kab. Bangka,- Di tahun 2021 ini, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bangka menetapkan 3 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menjadi zona integritas. Adapun ke 3 OPD tersebut yakni Dukcapil, KPT dan Rumah Sakit Umum (RSU) Depati Bahrin Sungailiat.

“Ketiganya menjadi zona integritas, karena OPD ini langsung berhubungan dengan masyarakat serta sebagai contoh pelayanan kepada masyarakat. Apakah ketiga dinas ini dapat dipercayai ataupun terpercayai terhadap OPD integritas yaitu bebas dari wilayah bebas korupsi,” terang Bupati Bangka, Mulkan SH MH, Senin (28/06/2021).

Bukan berarti 3 OPD ini saja yang kita bangun untuk pembangunan zona integritas masih dikatakan Bupati, tetapi semua OPD harus melayani dan tidak ada neko-neko ataupun menghambat terhadap pelayanan kita terhadap masyarakat.

“Jadi jangan ada OPD-OPD yang tidak melayani dengan baik, kita punya komitmen agar kita memberi pelayanan kepada masyarakat, “tandasnya.

“Kami atasnama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, karena telah terbentuknya zona integritas yang ada di Kabupaten Bangka untuk bebas dari wilayah korupsi, “sambungnya.

Masih dijelaskannya, di mana ketiga OPD yang jadi sampel inilah yang akan dinilai oleh pemerintah pusat yaitu PAN-RB, apakah 3 OPD ini benar-benar bisa terpecaya dan dipercayai untuk dijadikan zona integritas yang bebas dari korupsi.

Apabila mereka bisa, maka otomatis Kabupaten Bangka akan mendapat suatu penghargaan dari Kementerian PAN-RB.

“Ini hanya sampel, OPD yang kita jadikan sampel untuk dijadikan zona integritas, tetapi bukan berarti OPD yang lain tidak punya komitmen untuk zona integritas tersebut, tetapi tetap mereka harus membangun zona integritas. Seperti kelurahan, mereka langsung melayani masyarakat. Sama di Kecamatan juga melayani terhadap perizinan seperti surat tanah, “ujarnya.

Diterangkan Mulkan, kalau Sumber Daya Manusia (SDM) sudah berkualitas dan berintegritas, sesuai komitmen kita yang membangun sumber daya berkualitas dan berintegritas yang merupakan salah satu dari Bangka Setara,

“Selama ini pelayanan yang diberikan oleh 3 OPD ini sudah cukup baik, seperti KPT tidak ada hambatan dengan adanya sistem OSS ini. Walaupun ada masyarakat yang menyampaikan kepada kami di Dukcapil tidak dilayani dengan baik dan juga Rumah Sakit Umum kita perlu tingkatkan fasilitas-fasilitasnya, “tutupnya

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60