Para Penghina Tuhan !

  • Whatsapp
banner 768x98

Oleh : Dudung Nurullah Koswara
(Praktisi Pendidikan)

Berikut diantara orang yang menghina Tuhan, adalah : 1) Thomas Andrews, 2) Tancredo Neves, 3) Marilyn Monroe, 4) John lennon dan 5) Bon Scott. Mereka para penghina Tuhan. Apa yang terjadi pada mereka ? Mereka meninggal dalam versi public sebagai akibat atau terkait hinaannya pada Tuhannya.

Thomas Andrews adalah orang yang membuat kapal Titanic. Ia sangat sombong dengan mengatakan “Tuhan saja tidak akan mampu menenggelamkan kapal Titanic”. Kapal Titanic terbaik, terbesar pada zamannya memang layak dikagumi tapi pembuatnya layak dijadikan pelajaran akan sosok yang sombong. Thomas malah tenggelam bersama kapalnya.

Tancredo Neves adalah seorang presiden Brazil terpilih yang meninggal tepat sebelum pelantikannya. Apa yang Ia sombongkan ? Ia mengatakan bahwa dirinya akan menjadi seorang Presiden Brazil bahkan Tuhan pun tidak akan mampu menghalanginya. Sombong tiada tara seorang politisi yang secara lahir memang mendapatkan dukungan luar biasa dari pemilihnya dan unggul. Unggul namun bukan dalam ridaha Tuhan, sebelum pelantikan meninggal.

Marilyn Monroe sebelum kematiannya ia pernah didatangi oleh seorang pendeta bernama Billy Graham. Ia merasa cuantik sempurna dan wow. Ia berkata sombong pada Sang Pendeta. Ia mengatakan “Maaf Saya tidak memerlukan Yesus Mu”. Setelah uacapan yang menyepelekan Sang Pendeta beberapa hari kemudian Marlyn Monroe meninggal di apartemennya. Cantik, bohay, beken banyak pengagum bila sombong pada Tuhan tidak ada maknanya.

John lennon, salah satu personil The Beatles yang melegenda. Siapa yang tidak kenal dirinya pada zamnnya. Ia jenius dan wow sekali terkait kemampuan mengaransemen dan membuat lagu. John lennon pernah berbicara kepada media yang mewawancarainya bahwa The Beatles lebih tekenal dari pada Yesus. John lennon dan pada tanggal 8 Desember 1980 Lennon tewas ditembak oleh fansnya sendiri.

Bon Scott ialah seorang musisi di tahun 70’an, yang merupakan seorang mantan vokalis band rock terkenal AC/DC. Bon Scott dianggap menghina Tuhan karena lirik di lagunya yang berbunyi “jangan hentikan aku, aku sedang asik berjalan ke neraka”. Lagu tersebut ada di dalam albumnya yang dirilis pada tahun 1979. Ia pun ditemukan tewas tersedak makanan. Itulah unikasi ulah manusia yang sombong menafikan Tuhan.

Daripada menjadi para penghina Tuhan lebih baik menjadi entitas “Para Pencari Tuhan”. Para pencari Tuhan jauh lebih terhormat dan mulia dibanding para penghina Tuhan. Mari menjadi “para Pencari Ridha Tuhan”.

Hindari menjadi para penghina Tuhan. Namun jangan sampai kita merasa tidak pernah menghina Tuhan tetapi akhlak kita pada hahaketnya menghina. Bisakah ? Bisa jadi!
Bisa jadi pula pakaian terlihat putih beragama dan alim tapi kata dan tindak “menghina Tuhan”. Misal bila ada tokoh menghina seseorang karena “kebodohan” versi subjektif dirinya. Menghina manusia atau sesama pada hakekatnya menghina Sang Penciptanya.

Tuhanlah Sang Pencipta manusia. Menghina manusia maka akan “menyinggung” siapa penciptanya. Tuhan menciptakan semua umat manusia ada maksud. Kita tidak harus menghakimi secara tidak adil terhadap manusia yang merupakan produk terbaik Tuhan.

Apalagi bila seoran manusia itu adalah seorang amir atau pemimpin yang dipilih oleh rakyat. Dalam versi politik spiritrualistik dikatakan bahwa “Suara Rakyat Adalah Suara Tuhan” ungkapan ini tentu hanyalah ungkapan politik. Namun hakekatnya ada benarnya bahwa suara manusia bisa jadi suara tak langsung Tuhan.

Tuhan memberi “kode” bisa melalui suara ciptaanya, misal menghina kepala negera, menghina Presiden dengan sebutan “Presiden Goblok !”, “Jokodok !” Tentu ucapan ini pun sama dengan menghina Tuhan yang menciptakannya dan menghina rakyat yang memilihnya.

Tidak ada seorang pun yang pantas menghina ciptaan Tuhan apalagi pada manusia. Sekali pun Sang Manusia sangat berdosa dan bodoh. Siapa yang menciptakan manusia yang bodoh dan berdosa itu ? Tuhanlah yang menciptakan setiap manusia, pintar atau pun bodoh. Terhina kelakuan orang bukan berarti bebas menghina orangnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90