Pemilih Cerdas, Apdesi Ingatkan Calon Kades Jangan Janji Diluar Kewenanganya

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta: Dwi Arifin
Koran SINAR PAGI (Kabupaten Bandung)-, Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak di Kabupaten Bandung akan berlangsung di 49 desa pada tanggal 14 Juli 2021. Berbagai tokoh masyarakat yang memiliki latar belakang aparat desa, tokoh pemuda, aktifis, akademisi, pengusaha dan yang lainnya, mereka tertarik mengikuti Pilkades tahun ini.

Ketua bidang perundang-undangan dan hukum Asosiasi perangkat desa seluruh Indonesia / APDESI Kabupaten Bandung, Alo Sobirin M.AP menyampaikan masyarakat atau pemilih saat Pilkades serentak tahun ini sudah mulai lebih cerdas. Jadi jangan sampai ada calon kepala desa yang berkampanye, mengeluarkan janji kampanye, tapi bukan kewenangannya, jika terpilih sebagai kepala desa. Karena janji tersebut bertentangan dengan UU Desa No.6 tahun 2014 yang mengatur Anggaran Pendapatan Belanja Desa. Sehingga untuk mewujudkanya sulit kedepannya, nanti jadi masalah atau beban sendiri. Sudah semestinya para calon kades memahami UU Desa terlebih dahulu. Walaupun waktu kampanye Pilkades tahun ini lebih singkat, tapi mereka pastinya sudah lama mengenalkan diri pada masyarakat, jauh-jauh hari sebelumnya. Ungkapnya kepada koransinarpagijuara.com diruang kerjanya (21/6/2021)

Menurutnya, saat Pilkades, sudah ada takdirnya masing-masing jadi atau tidaknya kepala desa. Namun calon kepala desa yang berpotensi menang Pilkades diantara indikatornya sudah terkenal di masyarakat, punya jasa atau karya berupa pengabdian kepada warga, memiliki keluarga besar lebih banyak di desanya, punya modal keuangan yang mapan, dan kapasitas / kapabilitas yang unggul. Jika semua itu dimiliki, maka cenderung akan menang.

Selain itu penting juga bagi para calon kepala desa untuk meluruskan niat menjadi kepala desanya. Tak lupa berdo’a, ” jika jadi kepala desa nanti akan baik bagi diri, keluarga dan desanya. Maka berilah kemudahan jalan untuk kemenangannya dan begitu juga sebaliknya”. Doa seperti itu penting untuk stabilitas diri dan terhindar dari memaksakan diri, ungkapnya sambil bercerita tentang pengalaman Pilkades di Cilame tahun lalu

Alo mengajak bagi para pemenang Pilkades agar aktif dan berperan diorganiasi. Saat dilantik jadi kepala desa, mereka otomatis menjadi anggota APDESI Bedas (Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis, Sejahtera ). Sebagai pengurus APDESI, kami siap menyambut 49 kepala desa yang menang Pilkades untuk bergabung dalam organisasi ini.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90