Bupati Sumedang Pimpin Rapat Akselerasi Pemulihan Ekonomi Daerah Dan Evaluasi Program CSR

Pewarta : Jeky

Kabupaten Sumedang – Bupati Sumedang, Dr.H.Dony Ahmad Munir didampingi Ketua KONI Kabupaten Sumedang, H.Ali Badjri memimpin Rapat Akselerasi Pemulihan Ekonomi Daerah dan Evaluasi Program CSR Dunia Usaha bertempat di Gedung Negara, Rabu (16/6/21).

Rapat dalam rangka menghimpun kontribusi dunia usaha bagi pembangunan bidang keolahragaan di Kabupaten Sumedang tersebut diikuti para pimpinan perusahaan, BUMN dan BUMD yang ada di Kabupaten Sumedang.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir seraya berharap pertemuan ini menjadi komitmen bersama untuk berkontribusi positif bagi kemajuan Kabupaten Sumedang di berbagai bidang, khususnya bidang ekonomi, kemasyarakatan dan olahraga,” ujar Bupati Dony dalam arahannya.

Bupati mengatakan, Kabupaten Sumedang dalam melaksanakan pembangunan memiliki tiga pondasi dan juga beberapa pendekatan pembangunan yang sangat berpengaruh terhadap pembangunan di Kabupaten Sumedang.

“Pondasi yang pertama dalam membangun Sumedang adalah dengan agama, karena agama akan mengarahkan kita kepada kebijakan spiritualitas yang menghasilkan spirit bahwa kita bekerja ada dalam keberkahan dan ridlo Allah SWT,” katanya.

Pondasi kedua dalam membangun Kabupaten Sumedang, sambungnya, adalah dengan budaya.

“Dengan budaya tentunya akan membumi, menjaga nilai-nilai sosial yang ada, mengungkit etos kerja masyarakat Kabupaten Sumedang,” ungkapnya.

Dikatakan Bupati lebih lanjut, pondasi yang ketiga dalam membangun Kabupaten Sumedang adalah dengan teknologi.

“Karena dengan teknologi akan mengakselerasi dan mempercepat program-program pembangunan,” tambahnya.

Sementara itu, pendekatan yang dilakukan Pemerintah Daerah dalam membangun adalah dengan cara pentahelix yakni bagaimana lima pilar bersama-sama, bersinergi dan berkolaborasi dalam melaksanakan Pembangunan.

“Jadi Sumedang akan maju kalau lima Pilar ini memiliki niat, tekad dan komitmen bersama, untuk berkolaborasi dan bersinergi. Kelima pilar itu adalah Akademisi, Bisnis, Komunitas, Masyarakat, Pemerintah dan Media. Jadi Pilar Bisnis atau dunia usaha menjadi bagian yang bisa membangun dan memajukan Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Bupati juga menyebutkan, di Kabupaten Sumedang saat ini telah ada Peraturan Daerah atau Perda tentang CSR.

“Karena ini Perda tentang CSR berarti CSR itu ada di tiap perusahaan yang memiliki tanggungjawab sosial masing-masing,” ungkapnya

Bupati meminta perusahaan-perusahaan yang memiliki dana CSR agar bisa mematuhinya dengan menjalankan fungsi-fungsi perusahaan, termasuk fungsi tanggungjawab Sosial.

Bupati berharap agar semua unsur yang terlibat bisa bersinergi, berkontribusi dan berkolaborasi untuk mendukung pembangunan sosial juga memulihkan perekonomian di Kabupaten Sumedang.

(2)