Gus Baha Bahas Kemenangan Ahli Kitab Saat Haul ke-128 An Nawawi Al- Bantani

Pewarta: Dwi Arifin
Koran Sinar Pagi ( Serang)-, Haul Syekh Nawawi Al-Bantani di lingkungan Ponpes an-Nawawi Tanara sudah menjadi agenda tahunan. Tradisi tersebut dilaksanakan untuk memperingati sosok ulama Banten yang mendunia hingga menjadi imam di Masjid Al-Haram di Makkah. Puncak Haul Syekh Nawawi Al-Bantani diperingati setiap akhir Syawal yang pada tahun ini jatuh pada hari Jum’at, (11/6).

Haul Syekh Nawawi al-Bantani dipusatkan di Ponpes an-Nawawi Tanara, pimpinan KH. Ma’ruf Amin, yang juga Wakil Presiden RI. Acara berlangsung dengan peserta terbatas di lokasi dan online melalui youtube & zoom meeting.

Pada kesempatan tersebut Gus Baha sebagai narasumber menjelasakan pemikiran Syekh Nawawi Al Bantani tentang keyakinan bahwa umat yang memiliki pegangan kitab itu lebih baik dan unggul dari pada tidak memiliki kitab. Dulu ada peperangan antara Romawi dan Persia, Romawi kaum yang berpegang pada kitab terdahulu, sedangkan Persia kaum yang tak berpegangan pada kitab dan penyembah api. Pada akhir peperangan itu, Romawi meraih kemenangan. Maka saat itu umat islam yang sedang mengembangkan dakwahnya ikut senang. Karena kemenangan itu lebih baik dieksiskan diraih oleh orang-orang yang berilmu ahli kitab, dari pada orang musyrik yang menang. Tak terbayang jika kaum yang tak memiliki pedoman harus mengatur peradaban?…

Selanjutnya Gus Baha membahas secara khusus cara pandang Syekh Nawawi melalui kitab peninggalannya. “Lebih baik saya bicara bukan hasil pemikiran saya, tapi saya bicara tanpa ditambahi atau dikurangi cukup menyampaikan kitab peninggalannya. Karena itu lebih memudahkan saya untuk menyampaikan ilmu. Dan agar apa yang perlu diteladani dari ulama dulu hadir menjadi pedoman masyarakat sekarang”

(24)