Polsek Rambang Lubai, Polres Muara Enim Ungkap Kasus Pembunuhan Berencana

Pewarta : Iwan Brata

Kabupaten Muara Enim – Polisi Resor Muara Enim mengamankan Sukasman Bin Samrowi (25) warga Desa Srikarang Rejo Kec.Lalan, Kab.Muba dan Sutarjo Bin Romo Sentoso (61) warga Dsn I Desa Menanti Kec.Lubai, Kab.Muara Enim.

Kedua orang tersebut merupakan pelaku pembunuhan berencana berlatar belakang pencurian dengan kekerasan, terhadap Parsidi (45) Warga Dusun I Desa Srikarang Rejo Kec.Lalan Kab.Muba, sementara satu pelaku lainnya, Suwandi masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Muara Enim.

Penangkapan terhadap keduanya dilakukan berdasarkan laporan dari Suyatman (31) warga Desa Srikarang Rejo Kec.Lalan, Kab.Muba, dengan Laporan Polisi nomor : LP/B/40/VI/2021/Sumsel/Res.Muara Enim/Sek Rb. Lubai, tanggal 09 Juni 2021

Dalam laporannya, Suyatman menceritakan bahwa kejadian berawal pada hari Kamis tanggal 27 Mei 2021 sekira pukul 09.00 Wib dimana korban bersama dengan pelaku Sukasman dan Suwandi (DPO) pergi menuju Desa Menanti Kec.Lubai, Kab.Muara Enim dengan tujuan untuk membeli lahan irigasi dengan membawa uang sebesar Rp.75.000.000,-

Tetapi, pada hari Sabtu tanggal 31 Mei 2021 sekira pukul 23.00 Wib korban tidak bisa dihubungi oleh pelapor, selanjutnya, saat bertemu dengan Sukasman dan Suwandi, Suyatman menanyakan keberadaan korban, namun keduanya menjawab “tidak tahu”.

Karena merasa curiga, pada hari Selasa tanggal 08 Juni 2021 sekira pukul 21.00 Wib, bersama – sama dengan aparatur Pemerintah Desa dan warga, Suyatman mengamankan Sukasman.

Setelah diinterogasi, Sukasman akhirnya mengakui telah melakukan pembunuhan terhadap korban Parsidi pada hari Sabtu tanggal 29 Mei 2021 di Desa Menanti, Kec.Lubai Kab.Muara Enim.

Pelaku kemudian, diserahkan ke Polsek Lalan dan selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Lubai.

Mendapatkan laporan dari keluarga korban Kapolsek Rambang Lubai, AKP Apriansyah,SH.,M.Si memerintahkan Kanit Reskrim Iptu Aisen Hower bersama Tim Cobra untuk melakukan penyelidikan dan penangkapan terhadap pelaku Sutarjo.

Setelah pelaku Sutarjo dapat diamankan Rabu (09/06/2021) sekira pukul 02.30 Wib dan dibawa ke Polsek rambang Lubai, kemudian Team diperintahkan Kapolsek Rambang Lubai untuk menjemput tersangka Sukasman di Polsek Lalan untuk dibawa ke Polsek Rambang Lubai.

Barang bukti yang berhasil diamankan dari kasus pembunuhan ini antara lain, 1 (satu) helai baju kaos lengan pendek warna biru dongker (dipakai pelaku saat melakukan pembunuhan), kemudian 1 (satu) helai celana pendek warna biru (dipakai pelaku saat melakukan pembunuhan).

(201)