Disdik Jabar Buka PPDB Tahun 2021 Tingkat SMAN/SMKN, Siswa Depok Siap-siap, Ini Jadwalnya

Pewarta : Anis M, SE.

Koran SINAR PAGI, Kota Depok,- Dinas Pendidikan Jawa Barat sedianya melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkatan SMA Negeri / SMK Negeri pada tahap I mulai 7-11 Juni 2021.

Sedangkan PPDB tahap II akan dilaksanakan pada 25 Juni sampai 1 Juli 2021. Kedua tahapan tersebut  dilakukan secara dalam jaringan (daring) atau online.

Pada tahap pertama SMA Negeri terdiri dari jalur afirmasi 20 persen yaitu keluarga ekonomi tidak mampu (KETM), disabilitas, kondisi tertentu.

Untuk jalur perpindahan orang tua mendapat porsi 5 persen dan jalur prestasi sebesar 25 persen baik akademik maupun nonakademik.

Sementara tahap pertama SMKN terdiri dari jalur afirmasi 20 persen KETM, disabilitas, kondisi tertentu. Jalur perpindahan orang tua 5 persen dan jalur prioritas terdekat 10 persen. 

Sekertaris Dinas Pendidikan Jawa Barat, Wahyu Wijaya, mengatakan, pada jalur afirmasi 20 persen SMAN/SMKN terdapat kondisi tertentu 5 persen. 

Kondisi tertentu yang dimaksud adalah untuk membantu anak kesulitan sekolah pasca mengalami bencana alam. 

“Kondisi tertentu itu bisa jadi karena terjadi bencana salah satu contoh misalnya di Sumedang terjadi longsor kemudian nimbun rumah kemudian anak ini untuk melanjutkan sekolahnya kesulitan dan lain-lain, nah itu kondisi tertentu,” papar Wahyu

(57)