Bupati Garut : Hidup Adalah Pilihan, Pilihan Adalah Perencanaan

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Agus Lukman

Kabupaten Garut – Pemilihan Duta Genereasi Berencana (GenRe) Kabupaten Garut Tahun 2021, telah mencapai babak Grand Final yang diselenggarakan di Joglo Cottage, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (27/5/21).

Dalam acara ini Bunda GenRe Garut, Diah Kurniasari, hadir secara langsung dan membacakan sambutan Bupati Garut, Rudy Gunawan, yang berhalangan hadir karena melakukan pertemuan dengan Presiden Republik Indonesia, di Istana Bogor, Kota Bogor.

Dalam sambutannya, Bupati Garut menyampaikan bahwa salah satu outcome dari terbentuknya GenRe ini adalah menghasilkan remaja yang memiliki perencanaan dalam mempersiapkan dan melewati transisi kehidupan remaja.

“Outcome dari pembinaan ketahanan remaja terbentuknya Generasi Berencana atau GenRe yaitu remaja yang memiliki perencanaan dalam mempersiapkan dan melewati transisi kehidupan remaja, dengan mempraktekan hidup sehat dan bersih, melanjutkan pendidikan, memulai karir menjadi anggota masyarakat yang baik, serta membangun keluarga yang berkualitas,” ujar Bupati Garut

Ia menuturkan bahwa hidup adalah pilihan, dan pilihan adalah perencanaan. “Melalui GenRe remaja dapat memiliki perencanaan dalam hidupnya, kepada generasi muda, rencanakan hidupmu dengan matang, tantangan saat ini cukup berat, perkembangan teknogi dan kebebasan yang harus disikapi dengan bijak, jangan larut, hidup adalah pilihan, pilihan adalah perencanaan,” katanya.

Sementara itu, Diah Kurniasari, mengucapkan selamat kepada Duta GenRe terpilih yang nantinya akan mewakili Kabupaten Garut di pemilihan Duta GenRe tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Sekali lagi selamat, mudah-mudahan hari ini siapapun yang menjadi Duta GenRe Kabupaten Garut, bisa mewakili di Provinsi mungkin tanggal 8 Juni, mudah-mudahan sukses, munglin kita juga harus mempersiapkan anak-anak kita untuk ke Jawa Barat ke depannya,” ungkap Diah.

Disisi lain, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Garut, Yayan Waryana, memaparkan bahwa pemilihan Duta GenRe dimaksudkan sebagai meningkatkan sikap, serta kesadaran diri dalam tumbuh kembang remaja.

“Pemilihan Duta GenRe 2021 dimaksudkan sebagai upaya untuk mengembangkan program kesehatan reproduksi di kalangan remaja untuk meningkatkan sikap, perilaku, serta kesadaran diri dalam tumbuh kembang remaja dan diharapkan mampu menghindari diri dari bahaya ancaman yaitu pernikahan dini, seks bebas, dan penyalahgunaan napza,” papar Yayan.

Menurutnya, saat memasuki usia pernikahan, remaja memerlukan akses terhadap program dalam persiapan kehidupan berkeluarga. “Sangat perlu untuk diperhatikan bahwa remaja harus ditingkatkan aksesnya terhadap program persiapan-persiapan untuk kehidupan berkeluarga ketika memasuki usia pernikahan.” pungkasnya.

Dalam acara Grand Final Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Garut Tahun 2021 ini Hilman Alamsyah terpilih sebagai Duta Terbaik 1 untuk kategori Putra, dan Salwa Muthia B terpilih sebagai Duta Terbaik 1 untuk kategori Putri.

Berikut beberapa pemenang dalam pemilihan Duta GenRe Kabupaten Garut Tahun 2021,
1. Duta Terbaik Peringkat I
– Hilman Alamsyah (Kagegori Putra)
– Salwa Muthia B (Kategroi Putri)
2. Duta Terbaik Peringkat II
– Dzikri Zaenul Azhari (Kategori Putra)
– Fitra Dwi Nursetyani (Kategori Putri)
3. Duta Terbaik Peringkat III
– M. Luthfi Naufal A (Kategori Putra)
– Tiara Febrianti (Kategori Putri)
4. Duta Intelegensia : Yasya Fauzan
5. Duta Sosial Motivator : Mitha Annastasya
6. Duta Inovator Program I : Hadi Mulyana
7. Duta Inovator Program II : Mila Julia
8. Best Video Challenge : M. Luthfi naufal

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60