Pemkab.Garut Beri Penghargaan Untuk Penyuluh Pertanian Berprestasi

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Agus Lukman

Kabupaten Garut – Dalam rangka memperingati Hari Penyuluh Pertanian di Kabupaten Garut Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Garut memberikan penghargaan kepada penyuluh pertanian berprestasi di Kabupaten Garut.

Wakil Bupati Garut, dr.Helmi Budiman menyerahkan penghargaan tersebut secara langsung dalam apel gabungan terbatas yang dilaksanakan di Lapang Sekretariat Daerah, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (24/5/2021).

dr.Helmi mengatakan, Kabupaten Garut memiliki core business (bisnis inti) dalam bidang pertanian dan wisata.

Selain dalam bidang pertanian, Wabup berharap pihaknya juga bisa memberikan penghargaan kepada pelaku wisata.

“Tentu tadi kita ada beberapa saudara kita yang mendapatkan penghargaan berprestasi, memang Kabupaten Garut ini core business-nya adalah pertanian dan juga wisata. Memang harus didongkrak, didorong, mungkin nanti minggu depan atau bulan depan kita ingin memberikan penghargaan kepada pelaku-pelaku wisata, karena masyarakat sadar wisata ini sangat diperlukan,” katanya.

Ia juga mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan yang berasal dari 5 kategori berprestas, yakni kategori penyuluh pertanian, kategori petani, balai penyuluh pertanian, kelembagaan ekonomi pertanian, dan pos penyuluh pertanian berprestasi.

Ia berharap, dengan adanya penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi para generasi muda agar terus bersemangat dalam bertani.

“Mudah-mudahan dengan adanya penghargaan ini ada motivasi, ada semangat karena semangat bertani terutama di kalangan muda sudah mulai pudar, ada semangat jadi petani itu adalah pekerjaan yang mulia,” harapnya.

Tak hanya itu, Wabup juga berharap prestasi ini bisa diraih tidak hanya di tingkat provinsi akan tetapi juga ditingkat nasional. “Dan mudah-mudahan karena ini juga akan dilombakan di tingkat provinsi dan nasional karena sekali lagi karena kita dari dulu sebagai petani turun menurun kemudian juga mendapatkan pencerahan baik oleh dinas maupun melalui pendidikan atau misalnya dikirim kemana ke luar negeri dan sebagainya, mudah-mudahan kita mendapatkan prestasi bukan di tingkat provinsi (saja) tapi juga di tingkat nasional,” ucap Wabup.

Sementara, penerima penghargaan dalam kategori Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Berprestasi, Ipah Atikah (55) selaku Ketua KEP Mitra Amanah menerangkan KEP Mitra Amanah sendiri bermula dari kelompok wanita tani yang membentuk koperasi simpan pinjam.

“Kami cikal bakal dari kelembagaan ekonomi petani, kami berawal dari kelompok wanita tani dengan berbagai usaha dan keperluan kita yaitu permodalan kami membentuk koperasi simpan pinjam pada awalnya. Dan sekarang sudah bermitra dengan berbagai usaha,” ucap Ipah.

Ipah berharap bisa menyejahterakan anggotanya dengan berdirinya KEP Mitra Amanah terutama para kaum wanita agar bisa lebih mandiri dengan mempunyai penghasilan sendiri.

“Harapannya kami ingin menyejahterakan anggota kami yang 59 orang itu semuanya dari kaum wanita, karena kami namanya Kelompok Koperasi Wanita Mitra Amanah jadi 100% anggotanya wanita. Cita-cita kami ingin menyejahterakan warga kami yaitu kaum wanita supaya bisa ada penghasilan selain dari suami kita bisa mandiri,” ujarnya.

Berikut adalah para penerima penghargaan,
1. Penyuluh Pertanian Teladan
(An. Asep Muzni Hidayat.,SP.,MP)
Petugas Penyuluh lapangan Kecamatan Samarang,
2. Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Berprestasi (An. BPP. Wanaraja Kec. Wanaraja),
3. Petani Berprestasi
(An. Warsito) Ds. CintaKarya Kec. Samarang,
4. GAPOKTAN Berprestasi (An. Ketua Gapoktan Cikandang Agro) Ds.Cikandang – Kec. Cikajang,
5. Kelembagaan Ekonomi Petani “KEP” Berprestasi (An. Ketua KEP Mitra Amanah) Ds Mekarmukti – Kec. Cilawu,
6. Pos Penyuluhan Desa “POSLUHDES” Berprestasi (An. Ketua Posluhdes Dunguswiru) Ds. Dunguswiru – Kec. Balubur Limbangan.

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60