Rudi Harianto,ST.MM Lantik BPD Tiga Desa Sekaligus

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Iwan Brata

Kabupaten Muara Enim – Sektariat Kecamatan Lubai Ulu, Rudi Harianto.ST.MM melantik 16 orang pengurus dan anggota Badan Permusyarawatan Desa (BPD) dari Desa Pagar Dewa, Desa Karang Sari, dan 2 PAW Desa Mekar Jayaya, Kamis (20/05/2021) bertempat di Aula Kecamatan Lubai Ulu.

Rudi Harianto,ST.MM mengatakan, acara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota dan pengurus BPD dilaksanakan serentak dikecamatan, hal tersebut dilaksanakan karena masa jabatan seluruh BPD berakhir secara bersamaan dan juga untuk mengoptimalkan waktu.

Ke 16 orang pengurus dan anggota BPD yang dilantik tersebut merupakan tokoh masyarakat yang dipilih warga secara demokrasi di masing-masing desa dan akan mengemban jabatan selama 6 tahun untuk periode 2021-2027.

“Pengurus dan informasi BPD diharapkan bisa berfungsi dengan perbekel dalam menjalankan pemerintahan desa, sehingga keharmonisan pemerintahan dimulai dari tingkat desa, jika desa hebat Indonesia hebat, Pengurus BPD yang dilantik ada yang wajah baru, namun juga ada juga yang sudah berpengalaman,” katanya.

Dikatakan, BPD merupakan lembaga perwujudan demokrasi di tingkat desa yang berdiri sejak era otonomi daerah.

Menurutnya, peran BPD sangat strategis dalam mendampingi pemerintahan desa mengharuskan BPD berasal dari berbagai kalangan.

BPD sering kali sebagai “dilindungi” nya desa atau BPD merupakan keterwakilan unsur masyarakat. BPD bersama Perbekel bengkel membahas dan menetapkan berbagai peraturan desa, peraturan perbekel. BPD juga bertugas menyimpan, menyusun, seluruh aspirarasi warga yang dituangkan dalam RPJMDes.

“Tugas sebagai BPD cukup berat, sehingga kepercayaan tersebut harus diemban dengan baik, agar pemerintahan desa bisa berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Kapolsek Rambang Lubai, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala KUA Kecamatan Lubai Ulu, Kasi Trantib, Kasi Pemerintahan dan masyarakat yang menyaksikan dalam giat tersebut.

Pantauan dilapangan, acara tersebut berjalan dengan aman dan lancar serta tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90