Kabupaten Sumedang Kembali Raih WTP

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Jeky

Kabupaten Sumedang – Kabupaten Sumedang kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan (BPKP) Provinsi Jawa Barat dan merupakan yang ke tujuh kalinya berturut-turut menerima WTP.

Opini WTP tersebut diterima Kabupaten Sumedang bersama tiga daerah lainnya di Jawa Barat yaitu Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi di Gedung BPKP Provinsi Jawa Barat, Rabu (19/5/2021), dalam acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LHP LKPD) Tahun Anggaran 2020.

LHP LKPD Kabupaten Sumedang diserahkan oleh Kepala BPKP Provinsi Jawa Barat Agus Khotib kepada Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Jajang Heryana

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir merasa bersyukur Kabupaten Sumedang bisa meraih kembali opini WTP.

“Raihan ini diharapkan dapat  mendorong kinerja pemerintah daerah dalam menjalankan pemerintahan, melaksanakan pembangunan dan melayani masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, raihan opini WTP ketujuh kalinya menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan Kabupaten Sumedang memiliki kualitas yang memenuhi empat kriteria.

“Keempat kriteria tersebut yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, efektivitas penilaian internal, kecukupan pengungkapan informasi, dan kepatuhan pada peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Dikatakan olehnya, dari laporan keuangan yang baik, handal, kredibel, dan berkualitas, akan menjadi referensi bagi dalam mengambil kebijakan, baik kebijakan politik, ekonomi, sosial dan budaya.

“Selain menjadi bahan refensi dalam mengambil kebijakan, output dari laporan keuangan yang baik ini akan menjadi pemicu kinerja pemerintah daerah dalam berkinerja yang pada akhirnya bermuara pada meningkatnya kesejateraan masyarakat,” imbuhnya.

Ia pun mengharapkan temuan-temuan yang direkomendasikan oleh BPKP Provinsi Jawa Barat dapat segera ditindaklanjuti  dan ke depannya raihan opini WTP ini dapat dipertahankan.

“Walaupun WTP kami tujuh kali, tetapi masih ada temuan-temuan. Tentunya temuan ini akan kami tindak lanjuti, setidaknya di atas tujuh puluh lima persen. Insyaallah ke depan kami akan terus mempertahankan WTP ini, dari tujuh kali menuju delapan,” pungkasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90