Walaupun Pandemi Kesadaran Berzakat Naik 15%

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kabupaten Bandung)-, Zakat menjadi solusi untuk memutarkan uang dari kalangan orang kaya ke orang pra sejahtera. Pada masa-masa sulit  saat sekarang ini, khususnya umat islam dituntut untuk mewujudkan perintah Allah  beruapaya saling menolong  dan meningkatkan rasa solidaritas sosial kepada sesama.

Kebijakan pemerintah memutus penyebaran Covid-19 masyarakat diminta untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah saja, membuat banyak orang kehilangan pekerjaannya, banyak orang menjadi pengangguran, banyak orang tidak lagi bisa mengais rezeki, banyak orang yang membutuhkan bantuan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Pada masa seperti saat ini, sebagai Muslim yang mampu diarahkan untuk mewujudkan perintah Allah  dengan berempati juga menanamkan  solidaritas sosial kepada sesama anak bangsa mencari jalan keluar dari krisis.

Informasi yang dihimpun koransinarpagijuara.com, diwilayah RW 05 desa Gandasari Katapang, ada kenaikan pendapatan dari zakat, jika dibandingkan dengan tahun lalu. H Adang, ketua Panitia Penghimpunan Zakat Desa menyampaikan pada tahun ini kurang lebih ada uang yang terhimpun dari zakat, kurang lebih Rp.28 juta dan 240 Kg Beras. Semuanya dibagikan ke penerima zakat yang berjumlah 116 orang. Kalau dibandingkan dengan tahun lalu, ada kenaikan penerimaan zakat 15% pada tahun ini, jelasnya kepada jema’ah sholat idul fitri 1442 H.

Pada kesempatan itu juga H Adang mensosialisasikan tentang surat edaran pemerintah terkait penerapan protokol kesehatan disaat pandemi. Panitia telah menyediakan tempat cuci tangan, dan menghimbau agar tidak bersalaman setelah sholat idul fitrinya.

Pada tahun ini, Khotib Idul Fitri pada saat naik mimbar, Ustadz Panjalu membahas ceramah tentang tujuan shaum dan zakat. Ibadah puasa tidak akan diterima jika tidak disempurnakan dengan ibadah zakat. Ibadah puasa merupakan ibadah yang secara khusus dibalas Alloh dan menjadi jalan mendekatkan pada-Nya. Sedangkan zakat ibadah yang akan mendekatkan hubungan antara pemberi dan penerimanya, menjaga hubungan baik antar manusia.

Ibadah puasa, sholat taraweh, zakat, sholat idul fitri dan rangkain ibadah lainnya dibulan ramadhan yang kita lakukan bertujuan mencapai ketakwaan. Mereka yang meraihnya akan terlihat setelah ramadhan, mereka akan menjadi muslim yang tawadu/rendah hati, qonaah, semangat beribadah dan berbakti pada orang tua.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90