Kristen Dan Islam Bersatulah

  • Whatsapp
banner 468x60

Oleh : Dudung Nurullah Koswara
(Praktisi Pendidikan)

Seorang pendeta Katolik Palestina bernama Manuel Musallam menyerukan umat Kristen bergabung dengan jemaah muslim dan melindungi Masjid Al-Aqsa. Ini satu seruan yang baik dari tokoh agama Kristen. Mengapa tidak? Islam dan Kristen bersatu saling mendukung dan memuliakan.

Betapa indahnya bila Islam dan Kristen bersatu. Bukan hanya bersatu melawan agresor Israel tetapi bersatu melawan terorisme, radikalisme dan diskriminasi pada para pemeluk agama. Agama Kristen adalah agama yang paling banyak penganutnya dan kedua adalah agama Islam. Bila dua agama terbesar ini bersatu maka akan sangat baik.

Bila agama Kristen dan Islam bersatu, bersepakat, kolaboratif dalam melayani kesejahteraan umat Islam dan Kristen mengapa tidak ? Jangan sampai ada masalah mayoritas dan minoritas dimana pun. Jangan sampai ada perlakuan buruk penganut agama Islam pada Kristen dan Kristen pada Islam.

Bahkan jangan sampai pendirian tempat ibadah dipersulit. Pendirian masjid dan gereja harus dipermudah. Makin banyak rumah ibadah akan lebih baik dibanding makin banyak rumah kelalaian. Bila Islam dan Kristen bersatu memuliakan jamaah keduanya akan lebih baik. Semoga para penceramah agama yang suka menstigma agama lain makin tiada.

Semua penganut agama secara personal sesuai ajaran agama yang dipahaminya akan mengatakan bahwa agamanya adalah agama terbaik. Ini hak semua penganut agama. Penganut agama “wajib” meyakini bahwa agama yang dianutnya adalah agama yang hak dan paling benar. Hak dan merasa paling benar itu mesti ditempatkan pada tempatnya.

Segala sesuatu ada tempatnya, ada haknya, ada adilnya, ada kepentingan bersamanya. Agama adalah hak privat semua umat manusia, harus saling menghargai. Faktanya mayoritas agama yang kita anut adalah warisan dan keturunan, bukan hasil pilihan atau mendalami satu persatu. Hanya beberapa orang saja yang beragama berdasarkan pilihan sendiri.

Semua agama adalah benar menurut penganutnya masing-masing. Semua agama di luar penganutnya adalah fakta yang bisa menjadi pilihan orang lain. Menghargai pilihan orang lain adalah demokratik. Termasuk dalam beragama pun ada demokrasi religius. Toh faktanya tidak jaminan semua orang beragama masuk Surga.

Masuk Surga itu bukan karena agama A atau agama B melainkan karena ijin, otoritas atau ridha Tuhan. Hal yang paling universal dalam misi agama adalah akhlak. Semua Nabi hadir untuk memperbaiki akhlak manusia. Para Nabi mengajarkan berakhlak mulia. Akhlak itu mesti berbasis iman pada Tuhan. Berakhlak adalah beriman dengan bukti perbuatan baik. Semua ajaran agama mengajarkan iman. Iman adalah substansi semua ajaran agama yang akan berujung pada akhlak mulia.

Umat beragama yang baik punya hubungan harmonis penuh cinta antara manusia dengan manusia, manusia dengan alamnya dan manusia dengan Tuhannya. Plus tentu antara manusia sesama pemeluk agama dengan pemeluk agama lainnya. Kita semua adalah saudara se Adami dan saudara sesama orang beriman. Siapa yang paling beriman dan paling benar imannya hanya Tuhan yang tahu.

Berlomba-lomba dalam kebaikan dan akhlak mulia serta perlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan adalah hal yang baik. Menganut agama apa ? Tentu sangat penting. Namun jauh lebih penting lagi adalah bagaimana penganut ajaran agama menjalankan ajaran agamnya dengan sebaik-baiknya. Masyarakat lebih membutuhkan akhlak baik dibanding mengaku paling baik dan paling hak !

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90