Terkait Musrenbang RPJMD, Bupati Sukabumi, “RPJMD Harus Mampu Menjawab Berbagai Isue Strategis”

Pewarta : Arief

Kabupaten Sukabumi – Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026, disalah satu Hotel di Kawasan Salabintana Senin (10/5/2021).

Bupati Sukabumi, H.Marwan Hamami dalam sambutannya, mengatakan, RPJMD merupakan dokumen pembanguna lima tahunan. Oleh karena itu, harus menggambarkan adanya integritas lintas sektoral.

“Lewat RPJMD, pembangunan ke depan bisa lebih terarah, terintegrasi, terukur, akuntabel, dan implementatif,” ujarnya

Selain itu, RPJMD ini bisa menjawab berbagai isu strategis. Hal itu seperti aspek kesejahteraan masyarakat, daya saing daerah, dan pelayanan publik.

“Rencana pembangunan daerah yang disusun tidak hanya berdasarkan potensi unggulan dan kemampuan masing-masing daerah saja. Namun, harus bersinergi dengan pembangunan nasional dan Provinsi Jawa Barat, maka dari itu, rancangan awal RPJMD yang telah disepakati DPRD ini, diusulkan ke Provinsi Jawa Barat untuk mendapatkan arahan dan masukan,” ucapnya.

“Marwan berterima kasih kepada DPRD dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Terutama, atas usulan dan masukan yang konstruktif.

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya atas masukan dari DPRD dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” ungkapnya.

Wakil Bupati Sukabumi, H.Iyos Somantri menambahkan, terdapat sejumlah isu strategis yang menjadi perhatian untuk lima tahun ke depan

“Mulai dari kualitas SDM yang harus ditingkatkan. kesejahteraan masyarakat, permasalahan sosial dan ketahanan bencana. Ditambah pembangunan ekonomi berkelanjutan dengan keterkaitan antar sektor dan wilayah,” terangnya.

Selain itu, sarana prasarana infrastruktur daerah pendukung aktifitas pelayanan dasar ditambah dengan reformasi birokrasi peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Pelayanan baik dan lancar apabila sesuai harapan yang diinginkan masyarakat,” bebernya.

Isue-isue strategis tersebut, dijawab lewat visi-misi terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang religius, maju, dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir batin.

“Visi tersebut di implementasikan melalui empat misi, pertama, membangun SDM yang beriman, berbudaya, dan berdaya saing. Ke dua, meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi berbasis agribisnis dan pariwisata berkelanjutan. Ke tiga, meningkatkan konektivitas untuk percepatan pertumbuhan wilayah. Ke empat, meningkatkan kualitas pelayanan publik yang inovatif, profesional dan akuntabel. melalui misi tersebut kami percaya akan menghantarkan kita bersama menuju Sukabumi yang sejahtera lahir batin,” terangnya

Ditempat yamg sama, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara mengatakan, DPRD berkomitmen mendorong dan pro aktif bersama Pemkab Sukabumi. Hal itu tentu saja dengan fungsi DPRD yang dimiliki.

“Tujuannya tentu saja agar visi pembangunan daerah bisa terwujud,” tegasnya.

(7)