YPI Darul Qomar Al-Madani Bagikan Santunan Ke 160 Anak Yatim

Pewarta: Deni HM-Dwi Arifin

Koran Sinar Pagi (Bandung Barat)-, Sabtu, 8 Mei 2021, Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Darul Qomar Al-Madani memberikan santunan kepada 160 anak yatim yang berasal dari wilayah Desa Singajaya dan Desa Tanjungwangi Kec. Cihampelas Kab. Bandung Barat. Kegiatan ini merupakan salah satu program untuk mengisi bulan Ramadan 1422 H. Kehadiran yayasan dan sekolah/madrasah yang ada dibawah yayasan selain dirasakan manfaatnya untuk meningkatkan mutu pendidikan juga ada peran sosial yang dirasakan oleh lingkungan sekitar. Donasi untuk santunan anak yatim berasal dari yayasan, guru-guru Madani, alumni Madani, pemerintah desa, dan masyarakat.

Selain melaksanakan ibadah puasa, bulan Ramadan juga merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan solidaritas terhadap sesama manusia dan mengasah kepedulian terhadap masyarakat yang kurang mampu seperti anak-anak yatim. Dalam konteks pendidikan, kegiatan santunan kepada anak-anak yatim merupakan bentuk penanaman karakter kepada peserta didik yang juga mengikuti kegiatan tersebut agar peduli terhadap sesama. Belajar bukan hanya diartikan mempelajari ilmu pengetahuan tetapi juga membangun sikap agar terbentuk pribadi yang berbukti pekerti luhur.

Kegiatan pemberian santuan terhadap anak-anak yatim juga merupakan wujud upaya menanamkan karakter pelajar Pancasilais. Nilai keimanan terhadap Tuhan YME diwujudkan dalam kegiatan kemanusiaan, bersatu untuk membantu sesama, dana dihimpun secara gotong rotong (musyawarah) agar terwujud keadilan sosial bagi masyarakat, khususnya yang kurang mampu.

Sebelum dilaksanakan santunan, terlebih dahulu diadakan doa bersama dan tausyiah. Kegiatan tersebut dihadiri oleh pengurus yayasan, kepala, guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik SMP Madani, MA Madani, dan SMK Madani. Pemberian santunan secara simbolik diberikan oleh Kepala SMP Madani Jenal Mutaqin, S.H., S.Pd.I, Kepala MA Madani Siti Kinjah, S.Pd., Kepala SMK Madani Abduloh Bastaman, S.Pd., M.Pd., dan Ketua Komite Idris Apandi, S.Pd., M.Pd. Acara dipandu oleh Asep Muhammad, S.Pd.I.

Setelah kegiatan santunan terhadap anak-anak yatim, kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama semua personal YPI Darul Qomar Al-Madani dan para peserta didiknya. Kegiatan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kebersamaan antara pihak yayasan dengan guru dan tenaga kependidikan sekolah/madrasah di lingkungan yayasan. Perwakilan Yayasan Jenal Mutaqin, S.H., S.Pd.I menyampaikan terima kasih kepada para donatur dan panitia sehingga acara tersebut berjalan lancar.

(11)