Wakapolda Jabar Pantau Tempat Wisata, Terapkan Pola Penanganan Dan Aturan Wisata di Pantai Sukabumi

Pewarta : Ayi Suherman

Kabupaten Sukabumi – Setelah melakukan pemantauan penyekatan di wilayah di perbatasan Sukabumi – Cianjur dan perbatasan Sukabumi- Bogor, pada Kamis 6 Mei 2021 Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Eddy Sumitro Tambunan kembali memantau langsung penyekatan di Sukabumi wilayah selatan perbatasan Banten.

Wakapolda didampingi Kapolres Sukabumi dan Dandim 0622 beserta jajaran melakukan sidak di pos pariwisata tepatnya di Ruang Terbuka Hijau Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu.

“Ini rangkaian kegiatan kita bagaimana antisipasi operasi ketupat di jajaran polda Jabar, salah satunya di Sukabumi ini,” ujarnya kepada awak media saat meninjau pos pengamanan pariwisata di ruang terbuka hijau Pantai Citepus Palabuhanratu, Sabtu (8/5/2021).

“Ini sebagai upaya untuk antisipasi lonjakan wisata, terutama prokesnya, 3M, itu yang kita nilai. Himbauan kepada masyarakat yang tidak berkepentingan tidak usah keluar, ikuti himbauan pemerintah tetap menjaga jarak, perhatikan protokol kesehatan,” sambungnya.

Dijelaskan Eddy untuk saat ini zona untuk jabar belum ada yang hijau, namun ada yang kuning, orange, bahkan zona merah malah ada dan Sukabumi masuk zona kuning.

“Pola pengamanan untuk tempat wisata itu, pengunjung tidak boleh lebih dari pada 50 persen,” jelasnya.

“Nah nanti kalau sudah hampir mendekati 50 persen itu arus akan kita alihkan, ini kan ruang terbuka, akan kita alihkan dari mana saja pengunjung masuk akan kita alihkan sampai nanti tidak lebih dari 50 persen. Kalau ruang tertutup jelas ada pintu masuknya,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut Wakapolda juga memberikan bantuan sembako kepada para pedagang yang selalu berjualan di sekitar objek wisata Ruang Terbuka Hijau Citepus.

(5)