Wakil Bupati Ciamis Ikuti Musrenbang Nasional Bersama Presiden Jokowi

Pewarta : A Y Saputra

Kabupaten Ciamis – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra ikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional tahun 2021 bersama Presiden Joko Widodo secara virtual.

Pembukaan Musrenbangnas tahun 2021 disiarkan langsung melalui chanel youtube Bappenas RI dan disaksikan oleh Wakil Bupati dengan didampingi Asisten Daerah, Kepala BPKD, Kepala Bappeda Ciamis bertempat di ruang ULP Setda Ciamis, Selasa (04/05/2021).

Musrenbangnas merupakan forum tahunan yang diselenggarakan Kementerian PPN/Bappenas bertujuan untuk menyampaikan informasi arah prioritas pembangunan nasional satu tahun kedepan untuk seluruh pemangku kepentingan.

Musrenbangnas diikuti oleh seluruh Kepala Daerah di Indonesia, Gubernur, Bupati/Walikota, Kepala Bappeda Provinsi dan Kepala Bappeda Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Presiden Joko Widodo dalam sambutanya menyampaikan pandemi Covid-19 memberikan pelajaran yang luar biasa dalam perencanaan pembangunan nasional.

“Sebaik apapun perencanaan yang kita buat, kita juga harus siap untuk melakukan perubahan secara cepat, untuk menyesuaikan dengan tantangan, dengan peluang,” ujarnya.

“Yang tidak berubah adalah tujuan utamanya, yaitu untuk mensejahterakan rakyat, untuk memajukan bangsa, tetapi caranya sering kali harus berubah. Karena tantangan dan peluangnya setiap saat bisa berubah-ubah,”

Jokowi mengatakan, sinergi kekuatan bangsa dibutuhkan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Mulai dari masalah kesehatan, perekonomian, disiplin protokol kesehatan, 3T, dan vaksinasi.

“Butuh keaktifan seluruh jajaran pemerintahan dari pusat sampai ke daerah, demikian pula produktivitas dari kalangan industri yang kecil sampe besar untuk memproduksi alat kesehatan dan obat juga dukungan dari negara lain,” katanya.

Dia menuturkan rencana kerja di tahun 2022 mendatang masih mengusung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural dengan pondasi utamanya adalah penanganan pandemi covid-19.

“Kita harus mendorong industri untuk lebih maju, semua kementerian dan jajaran di daerah harus bersinergi karena sektor di industri harus di tingkatkan ketahanan pangan dan pariwisata juga harus berjalan dengan baik,” Jelasnya.

“Kita adalah salah satu dari paru-paru dunia, sehingga kemajuan green ekonomi, green teknologi dan green produk harus kita siapkan dan siap bersaing di pasar global,” pungkasnya.

Sementara itu Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan kegiatan musrenbang nasional 2021 dilakukan secara virtual sebagai langkah bijak respon terhadap pandemi Covid 19 yang masih melanda sampai saat ini.

Suharso menuturkan Musrenbang nasional sangat penting sebagai upaya untuk menghasilkan rancangan kerja pemerintah Tahun 2022 yang responsif dan mampu menghadapi tantangan yang dihadapi.

(7)