Untuk Apa dan Kemana Uang Hasil Pungutan Diserahkan?

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Tim Liputan

Koran SINAR PAGI, Kab. Bandung,- Informasi awal yang sampai ke wartawan, bahwa, seluruh sekolah penerima BOS Afkin diminta atau harus setor sejumlah 2% dari jumlah BOS AFKIN yang diterima sekolah. Contoh untuk Afkin 2020 pihak sekolah penerima mendapat Rp 60 juta, maka 2% harus disetorkan. Informasi awal juga menyebutkan bahwa, pungutan dilakukan oleh Korwil per kecamatan.

(01/04/2021), pkl 16.30 Wartawan mencoba hubungi satu diantara Korwil via tlp selular, untuk mengkonfirmasi terkait potongan penerima AFKIN sebesar 2% yang diistilahkan Tsunami. Korwil yang dihubungi wartawan soal Tsunami (pungutan yang sudah dilakukan), menyatakan, “Tsunami yg mana Kang? Dari pernyataan Korwil, wartawan beranggapan ada lebih dari satu tsunami saat ini dilingkungan Disdik Kabupaten Bandung

Di Hari dan tanggal yang sama yaitu tgl dan hari sama, Kamis 1 April 2021, pkl 17.51 Wartwan mencoba hubungi satu diantara Kepsek untuk menyakan soal Tsunami, via tlp seluler, “apakah sudah beres tanya wartwan Kepsek menjawab, “Atos ( sudah). 2%. Oh 2% mah Afkin, hari ini mah beda lagi tsunaminya, “ungkap Kepsek kepada wartawan. Masih kata Kepsek, “Tsunami hari ini di ambil dari BOS Reguler. Sekolah yg jumlah muridnya di atas 200 orang, setor Rp200 ribu, sedangkan yg jumlah muridnya dibawah 200, setor Rp100 ribu, “pungkasnya.

Terbukti dugaan bahwa ada lebih dari satu Tsunami saat wartawan menanyakan soal Tsunami (“tsunami yang mana”).

Lebih lanjut (05/04/2021) pkl 12.51 siang, Wartawan mencoba mengubungi Kabid SD Dinas Pendidikan Kab. Bandung, H Adang Safaat melalui pesan WA untuk bisa bertemu. Kabid SD, bersedia ditemui sekitar pkl 16 di Kantor PGRI, Kab. Bandung.

Di tempat dan waktu yang dijanjikan , Wartawan bertemu dengan Kabid SD, H Adang Safa’at. Saat wartwan menanyakan ada dua pungutan yang sudah dilakukan (Tsunami/ pungutan dari Dana BOS di lingkungan Disdik kab Bandung), Kabid menyatakan tidak tidak tahu, dirinya baru tahu dari wartawan ,” Saya baru tahu, dari akang, “ujarnya.

Pada kesempatan itu Kabid SD, meminta wartwan untuk menghubungi Korwil Kec. Cimenyan H. Gunawan, selaku Ketua Forum Korwil, untuk mendapat penjelasan soal informasi pungutan tersebut.

Hingga berita ini dimuat belum ada kejelasan untuk apa dan kepada siapa uang hasil pungutan tersebut diserahkan.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90