Ketua Fraksi Gerindra Hadiri Pelatihan Penanaman Tatakrama dan Budaya Sunda

Pewarta : Romli Kahar

Kabupaten Sukabumi – Ketua Fraksi Partai Gerindra, Usep Wawan menghadiri acara pelatihan Penanaman Tatakrama dan Budaya Sunda, yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi yang bertempat di aula vila Sukabumi Indah, Jum’at (30/4/2021).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Guru Seni Budaya dan Bahasa Sunda se Kabupaten Sukabumi yang terdiri dari 47 kecamatan.

Dalam kesempatan tersebut, Usep wawan menuturkan, pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi sepenuhnya kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan Penanaman Tatakrama dan Budaya Sunda.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, diharapkan dapat menjadi sarana dalam melestarikan dan menguatkan Seni Budaya Sunda salah satunya Pencak Silat yang harus kita dorong sebagai pendidikan karakter,” ungkapnya kepada koransinarpagijuara.com

Menurut Yudi selaku Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum SD mengatakan, di era arus globalisasi ini memberikan dampak yang sangat besar terhadap perubahan budaya lokal.

“Seni Budaya Sunda di Kabupaten Sukabumi mulai terkikis secara perlahan, salah satunya dengan dampak era banjirnya informasi yang tak terbendung, maka dari itu pentingnya melestarikan Budaya Sunda,” tuturnya.

Yudi menjelaskan, tujuan dilaksakanakannya kegiatan pelatihan Penanaman Tatakrama dan Budaya Sunda, diantaranya untuk melestarikan Budaya Sunda dan pengembangan muatan lokal (Mulok) Sunda yang sesuai dengan Permendikbud No 79 tahun 2014.

(8)