Agar Gemar Tunaikan Zakat, Pemda Sumedang Dan Baznas Sumedang

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Jeky

Kabupaten Sumedang – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang bersama Baznas Sumedang melaksanakan Launching Gerakan Cinta Zakat sekaligus Peringatan Nuzulul Qur’an di Gedung Negara, Kamis (29/4/21).

Launching Gerakan Cinta Zakat ditandai dengan komando zakat oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir melalui pembayaran zakat secara langsung kepada Baznas Sumedang.

Gerakan cinta zakat adalah upaya untuk mendorong umat islam di tanah air agar gemar menunaikan zakat, infaq dan sedekah untuk membantu orang yang membutuhkan.

Gerakan ini sejalan dengan program pemerintah dalam upaya mengentaskan kemiskinan, menangani musibah dan bencana serta menuntaskan program program SDGS (pembangunan berkelanjutan).

Gerakan Cinta Zakat secara Nasional sudah diluncurkan pada tanggal 3 Ramadhan 1442 H/ 15 April 2021 oleh Presiden RI Joko Widodo diawali dengan Pembayaran Zakat yang diikuti seluruh jajaran Menteri Kabinet dan seluruh pemerintah provinsi, kota dan kabupaten.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyampaikan, zakat merupakan kewajiban setiap umat muslim. Melalui gerakan Cinta Zakat ini, kata Bupati, diharapkan bisa memberikan efek psikologis bagi umat untuk menunaikan dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar senantiasa menunaikan zakat.

“Zakat adalah kewajiban kita semua yang akan mensucikan harta dan jiwa kita. Untuk itu, mari kita bersama-sama menjadi bagian yang ikut menunaikan, mensosialisasikan, dan mengajak masyarakat untuk menunaikan zakatnya,” ungkapnya.

Dikatakan Bupati, di bulan suci Ramadhan menuju Idul Fitri, biasanya banyak umat Islam yang menunaikan Zakat Fitrah dan Zakat Mal. Ia berharap semua itu bisa dijalankan dan lembaga yang ada bisa menjadi pengumpul dan penyalur mustahiknya.

“Baznas sebagai salah satu lembaga penghimpun zakat telah melakukan upaya maksimal untuk menghimpun dan menyalurkan dengan baik. Terbukti, Baznas menjadi bagian solusi membangun Sumedang, memberdayakan umat dan membantu masyarakat,” tuturnya.

Terakhir, Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya kepada para OPD dan jajaran ASN baik yang hadir secara langsung maupun zoom meeting agar melaksanakan zakat, infaq dan shodaqoh dengan sebaik-baiknya sebagai pembersih jiwa dan harta di bulan suci Ramadhan.

“Mari bersama-sama membersihkan jiwa dan harta kita serta menolong sesama. Mudah-mudahan zakat, infaq dan shodaqoh bisa kita tunaikan di Bulan suci ramadhan ini, karena kita yakin ketika dilaksanakan dibulan suci ramadhan pahalanya akan berlipat ganda dan ada ‘sampereun jaga, di yaumil akhir,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut,
Forkopimda, Sekretaris Daerah, Ketua TP PKK Kabupaten Sumedang, Para Asisten, Para Kepala OPD, Camat, Kepala Kantor Kemenag, Ketua MUI, Pimpinan BUMN/BUMD, Ketua Baznas dan para Alim Ulama.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90