Made: “Pengalaman 10 Tahun Marketing Didukung Seni Memahami Konsumen”

Pewarta: Dwi Arifin

Koran Sinar Pagi (Kota Bandung)-, Pekerjaan sebagai marketing yang penuh dengan tantangan dan target kerja. Membuat seseorang semakin matang memahami karakter orang lain. Jadi jangan sampai para pekerja marketing dipandang sebelah mata. Hal ini diungkapkan Made Budiramdani, Area Marketing Manager Jabar, Lokalate Nutrifood saat merayakan Hari Donasi Nasional di Bandung kemarin

Menurutnya, selama 10 tahun menekuni dunia marketing dan saat ini memimpin tim yang terdiri dari 56 orang. Semua proses kinerjanya sangat erat didukung dengan pengalaman menemui banyak orang. Dulu saya di Jakarta, dan sejak 2018 mulai bertugas di Bandung. Kulture masyarakat Jakarta dengan mobilitas yang tinggi, padat penduduk dan upah kerja yang tinggi. Mereka memiliki waktu yang terbatas, sehingga seorang marketing harus lebih ektra dalam bekerja. Beda dengan di Bandung, masyarakatnya welcome, mudah membantu dan saling mengenalkan.

Dunia marketing sangat erat dengan ilmu seni memahami karakter orang lain, khususnya konsumen. Misalnya kalau kita biacara dengan milenia, sudah semestinya terbiasa komunikasi dengan gaya hidup mereka, tentang apa yang mereka butuhkan. Beda dengan orang tua yang memiliki kecenderungan tertentu. Maka dengan siapa kita berbicara perlu adaptasi dengan kebutuhan hidupnya. Ucap Made, pria lulusan Menjemen UPI Bandung yang saat ini berusia 34 tahun.

Sang marketing yang memiliki kepribadian ramah ini menyimpulkan pada dasarnya ilmu marketing atau keterampilannya berfungsi untuk menghubungkan produk agar diminati dan sampai pada konsumen. Tugas marketing ini secara khusus mempromosikan menganalisa pasar hingga target konsumen agar produk menjadi kebutuhan dan dibeli konsumen. Disisi lain juga harus siap bersaing dengan produk lainnya.

Terus kalau dicermati, saat pandemi peta bisnis dan kebiasaan konsumen berbeda. Maka sang marketing harus pandai membuat strategi menghadapinya. Pasar online dengan pasar offline itu beda. Maka sang marketing harus pandai memasarkan melalui plaform digital yang ada dan memastikan produk masuk ke rumah-rumah konsumen.

Informasi yang dihimpun koransinarpagijuara.com, Made dan tim Lokalatenya saat ini telah melaksanakan kegiatan kepedulian sosial membina kaum difabel dengan bekerja sama dengan kitabisa.com untuk mengumpulkan donasi bagi usaha mereka. Selain itu juga timnya membuat kurikulum khusus SMA untuk pelatihan siswa dalam memulai bisnis di era digital.

(14)