Peringati Hari Otda XXV, Bupati Sukabumi : Perlu Inovasi, Dorongan & Peran Aktif Masyarakat

  • Whatsapp
banner 468x60

Kabupaten Sukabumi – Wakil Presiden RI, KH.Ma’ruf Amin membuka puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV tahun 2021 dengan mengusung tema “Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong – Royong di Masa Pandemi Covid 19 Untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit, dan Indonesia Maju” yang juga diikuti secara virtual oleh para Kepala Daerah se Indonesia, Senin (26/4/2021).

Dalam sambutannya, KH.Ma’ruf Amin mengatakan, peringatan otonomi daerah merupakan momentum yang tepat, khususnya dalam pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.

“Kebijakaan Otonomi Daerah dimaknai sebagai mekanisme penyelenggaran pemerintah yang lokusnya digeser dari pusat ke daerah,” ujarnya.

Lewat kebijakan otonomi daerah, pemerintah daerah memiliki keleluasaan dalam penyelenggaraan dan memajukan daerah.

“Pelaksanaan otonomi daerah yang berkualitas itu, membutuhkan kepemimpinan yang cepat, tepat, dan selalu menyesuaikan diri dengan perubahan dan keadaan baru,” ucapnya.

KH.Ma’ruf Amin meminta seluruh jajaran di Pemda menjadi contoh dan pelopor, termasuk mampu berinovasi dalam pelayanan publik.

“Perangkat daerah merupakan agen perubahan. Saya meminta juga untuk terus menerapkan protokol kesehatan, menyukseskan vaksinasi. Selain itu, tingkatkan pula gotong royong di tengah pandemi covid 19 ini,” ungkapnya.

Usai mengikuti acara tersebut secara virtual dari Pendopo, Bupati Sukabumi, H.Marwan Hamami mengatakan, terobosan pemikiran menjadi suatu keharusan dalam pelaksanaan otonomi daerah. Sehingga, bisa mendorong peran masyarakat yang lebih aktif.

“Dari sisi inovasi, kita mencoba digitalisasi pelayanan desa. Hal itu menjadi salah satu strategi memberikan akses pelayanan secara baik,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, H.Marwan Hamami juga menyerahkan penghargaan kepada para pemenang perlombaan Pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten) dan lomba kinerja kelurahan tingkat Kabupaten Sukabumi.

Selain itu, menyerahkan peta dan buku batas wilayah Kecamatan dan Desa dilanjutkan dengan penyerahan buku Peraturan Bupati nomor 78 tahun 2020 tentang pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90