Puncak Harlah, Fatayat Banyumas Bagikan Takjil & Deklarasikan Ikatan Hafidzoh

Pewarta: Dwi Arifin
Koran Sinar Pagi (Banyumas)-, Dalam rangka peringatan hari lahir Fatayat yang ke bertepatan dengan tanggal 24 april 2021. PC Fatayat NU Banyumas mengadakan berbagai program kegiatan bertajuk Giat Ramadhan. Peringatan harlah yang jatuh di bulan ramadlan tidak menyurutkan, perempuan-perempuan muda NU yang berada di bawah badan organisasi otonom Fatayat untuk berkiprah dan berbagi. Sebelumnya, PC fatayat NU telah mengadakan istighosah dan seminar tentang pernikahan anak di bawah umur.

Dalam perayaan puncak yang diselenggarakan di hari sabtu tanggl 24 April 2021 di Gedung KBIH Arafat NU. Diadakan sema’an al-Qur’an oleh hafidhoh yang tergabung dalam Ikatan Hafidzoh Fatayat (IHF) satu khataman, parade dakwah hikmah ramadlan oleh 3 (tiga) da’I fatayat, parade puisi, deklarasi Ikatan Hafidzoh Fatayat (IHF) dan di sempurnakan dengan acara fatayat berbagi, yaitu berbagi-bagi sembako dan takjil kepada masyarakat yang kurang mampu dan anak yatim.

Menurut ketua PC fatayat Banyumas, Eva Lutfiati Khasanah, kegiatan harlah dan semangat ramadlan mempunyai kesatuan misi. Menurut nya : “selain ramadlan sebagai sarana mendekatkan diri pada ALLah, ramadlan mengajarkan kita untuk berbagi dan lebih peduli sosial”.

Eva menambahkan, beberapa kegiatan fatayat saat ini juga mengadaptasi perubahan terutama dengan adanya covid-19. Selain harus dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, mengurangi kapasitas peserta forum juga banyak kegiatan fatayat yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Hal ini sejalan dengan semangat harlah yang diusung oleh PP fatayat pusat yang menegaskan pentingnya kemandirian perempuan dalam menghadapi perubahan dengan sikap adaptif dan selektif.
Pada puncak harlah, hadir tamu undangan diantaranya jajaran elit NU Banyumas, dari ketua Syuriah, ketua Tanfidiyah, ketua muslimat, ketua Anso, ketua JMQH, dan berbagai banom NU lainya di tingkat kabupaten banyumas. Adapun peserta harlah dibatasi per pac 2 peserta, selebihnya mengikuti secara live melalui platfor digital.

(6)