Hadapi Idul Fitri Bupati Sumedang Ikuti Rakor Lintas Sektoral

Pewarta : Jeky

Kab.Sumedang
Dalam rangka persiapan pengamanan Idul Fitri 1442 H di masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021, Bupati Sumedang, H.Dony Ahmad Munir mengikuti Rakor Lintas Sektoral yang diikuti oleh Kementerian dan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia secara virtual dari Aula Vicon Polres Sumedang, Rabu (21/4/21).

Tampak hadir Kapolres, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, Dandim 0610, Letkol Inf. Zaenal Mustofa, Kasintel Kejari Inal Sainal Saiful, Kepala Kantor Kemenag Sumedang, Jajang Apipudin, Panmud Pidana Pengadilan Negeri Ade Suherman, Anggota Komisi IV DPRD Asep Roni, Kadishub Surrys Laksana Putra, Sekretaris Dinkes Uyu Wahyudin, Plt. Kepala Diskop UKM Indag Denny Tanrus, Kabid Bina Marga PUPR Helmi Hasanudin, Sekdis Kesehatan Uyu Wahyudin, Kasi  Cegah Siaga Benacana BPBD Adang dan jajaran Polres Sumedang.

Rapat tersebut diselenggarakan guna membangun ekspektasi positif masyarakat sekaligus melakukan sosialisasi terkait kesiapan menjelang Pengamanan Idul Fitri 1442 H.

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto menyebutkan, dalam rapat koordinasi menghadapi Idul Fitri tersebut dibahas penanganan berbagai permasalahan yang ada sekaligus untuk menyamakan persepsi diantara para pemangku kepentingan, termasuk beberapa titik penyekatan khususnya di Pulau Jawa, baik di Jakarta, Jawa barat,  Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Untuk Kabupaten Sumedang nanti kita akan finalisasi melalui Rapat Forkopimda di Gedung Negara,” ujarnya.

Dijelaskan Eko, Sosialisasi larangan mudik dilakukan secara langsung dan bersama-sama oleh Polsek, Bhabinkamtibmas,  elemen masyarakat dan Divisi Humas Polri.

“Kita sampaikan terkait lonjakan kasus Covid-19 di berbagai negara akibat mobilitas dan kegiatan masyarakat. Juga pelarangan mudik untuk menekan penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Selain itu Eko mengimbau bagi warga yang mudik dari luar kota wajib untuk melapor.

“Kami juga menyarankan bagi warga yang mudik dari luar kota untuk diminta surat dari desa terkait perizinan dan melakukan isolasi mandiri karena demi keselamatan keluarga dan melindungi sesama,” imbuhnya.

Polres juga sudah menyiapkan 12 titik di daerah perbatasan Kabupaten Sumedang.

“Kami telah menyiapkan 550 personil dari Polres Sumedang untuk ditempatkan di 12 titik tersebut yang dibagi menjadi 3 shift. Kami berharap masyarakat yang berada di luar Sumedang untuk tidak mudik ke Sumedang,” pungkasnya.

(1)