Mayoritas Masyarakat Cibodas, Ingin Ceng Aip Kembali Pimpin Desa Cibodas, Untuk Pembangunan Berkelanjutan

Pewarta : Agus Lukman

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut – Desa Cibodas salah satu desa yang berada di Kec.Cikajang terus bergerak maju mengikuti perkembangan zaman,
kemajuan yang dirasakan oleh masyarakat semakin terlihat nyata kini Desa Cibodas bukan lagi desa yang tertinggal seperti dulu, tapi sudah berubah sejak dipimpin oleh Aip,SH.i.

Fasilitas penunjang pemerintahan mulai dari kantor desa sampai GOR dan peralatan IT, termasuk WiFI sudah dimiliki dan nampak mentereng, sehingga pelayanan kepada masyarakat pun lebih lancar.

Aip,SH.i atau yang lebih akrab disapa Ceng Aip ketika di konfirmasi diruang kerjanya, beberapa hari yang lalu mengatakan, bahwa untuk tahun depan 2021 dirinya akan fokus terhadap pemberdayaan ekonomi masyatakat, dengan mengembangkan perekonomian warga, melalui usaha ekonomi produktif.

“Mudah – mudahan pandemi Covid-19 nya segera berakhir,” harapnya.

Disebutkan, ada beberapa yang akan di kembangkan diantaranya home industri khas oleh – oleh Cikajang, kemudian membuka dan mengembangkan usaha ayam petelur dan ternak domba yang akan disebar dibeberapa kelompok diseluruh RW yang ada.

Selain itu, pengembangan sektor pariwisata dan permodalan usaha bagi pedagang usaha kecil pun sudah dibawah kordinasi BUMDES, walaupun ditahun ini masih ada beberapa pengerjaan infrastruktur, tambahnya.

“Pembangunan akan kita fokuskan pada pemberdayaan, karena pembangunan infrastruktur sudah dirasa cukup, fasilitas desa umum dan penunjang perokonomian seperti jalan, drainase dan TPT itu sudah ada, bisa cek lah,” ujarnya.

Dikatakan, dirinya sudah punya planing jika dipilih kembali untuk memimpin lagi Desa Cibodas, “Kalau dipercaya memimpin Desa Cibodas 2 periode, di Tahun 2027 saya berharap Desa Cibodas menjadi desa mandiri, sudah tidak lagi tergantung terhadap bantuan pusat dan daerah, tapi hidup dari hasil PAD yang mapan,” tandasnya.

Sementara Ketua BPD Cibodas mengatakan, pihaknya akan bersinergi dengan Kades untuk terus membangun desa, “Yang saya rasakan selaku BPD, Kades Aip tidak neko – neko, tetapi tetap pada jalur dan bersifat terbuka, baik anggaran ataupun kebijakan, sehingga kita menjadi Tim yang solid untuk meneruskan pembangunan, dan itu fakta, silahkan cek oleh masyarakat bandingkan kondisi desa sekarang dengan jaman dahulu sangat jauh,” tegasnya.

Walaupun pemilihan Kepala Desa Cibodas masih 2 bulan lagi, sudah banyak tokoh masyarakat yang meminta Kades Aip,SH.i untuk maju mencalonkan diri lagi pada Pilkades Cibodas mendatang, agar pembangunan tidak terhenti.

Menanggapi harapan warga tersebut, Kades Aip, mengatakan, “Kita lihat saja nanti, karena sampai saat ini dirinya sedang fokus pada pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Desa Cibodas, apalagi menyambut Hari Raya Idul Fitri, jangan sampai ada masyarakat yang kesusahan,” pungkasnya.

(36)