1000 Desa Sudah Mengajukan Bantuan Insfrakstruktur Melalui DPMD Jabar

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kabupaten Bandung)-, Pemerintah desa sudah mulai mengajukan bantuan insfrakstruktur desa yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jabar sudah mengeluarkan surat edaran khusus agar proses pengajuan dan pencairannya, sesuai dengan aturan dan target pembangunan yang diharapkan masyarakat.

Sekertaris DPMD Jabar, Wahyudin S.Sos, M.M menyampaikan awal tahun ini pada triwulan 1 sudah ada seribu profosal dari pemerintah desa yang mengajukan bantuan keuangan. Tinggal menunggu ijin prinsip dari pak Gubernur, maka bantuan akan segera cair. Jumlahnya sama dengan tahun sebelumnya senilai Rp. 130 jutaan. Dan untuk bantuan pulsa HP & Posyandu masih tetap ada berjalan. Siapa yang mengajukannya lebih cepat, akan lebih cepat dapatnya. Jelasnya di ruang rapat sekertaris dinas (19/4/2021)

Untuk tahun sebelumnya dan tahun sekarang, proses pembangunan di desa melalui pendampingan Bapeda kabupaten dengan aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah/ SIPD dari Kemendagri. DPMD Jabar sudah menyebarkan surat edaran khusus untuk teknis hingga tahapan dan skala prioritas pemanfaatan pembangunan dari uang yang bersumber APBD pemerintah provinsi. Untuk tahun ini ada kewajiban pemerintah desa mengalokasikan anggaran bantuan keuangannya berupa pengadaan Billboard informasi pembangunan desa.

Wahyudin juga menghimbau kepada pemerintah desa agar bisa tetap mengkondusifkan desanya saat menyikapi keadaan dampak pandemi. “Temen-temen kepala desa bersabarlah, kalau ada kendala keuangan untuk pembangunan dan oprasional, karena terdampak covid19. Sebisa mungkin tetap konsisten memanfaatkan uang bantuan untuk pembangunannya. Karena ini merupakan amanah” ungkapnya

(37)