Operasi Knalpot Brong Kembali Digelar Polres Ciamis

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis – Satlantas Polres Ciamis kembali mengamankan 8 kendaraan bermotor roda dua dengan knalpot brong. Razia ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan operasi keselamatan lodaya Tahun 2021 yang tengah berlangsung dari tanggal 12-25 April 2021.

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo,S.IK., mengatakan, penggunaan knalpot brong telah sering dilaporkan dan dikeluhkan oleh masyarakat, salah satunya suara bising yang menggangu pengguna jalan yang lain.

“Kita melakukan tindakan karena knalpot brong itu kan tidak sesuai aturan yang standar, lalu juga banyak keluhan dari masyarakat, termasuk pengguna jalan yang terganggu,” kata AKP Bowo, Sabtu (17/04/2021).

“Selain mengamankan kendaraan berknalpot brong, kami juga melakukan penindakan tilang kepada 12 pengendara yang secara kasat mata melanggar peraturan lalu lintas,” tambahnya.

AKP Bowo mengatakan, dari hasil razia itu, ditemukan fakta jika motor dengan knalpot brong digunakan untuk aktivitas sehari-hari, termasuk bekerja. Padahal kondisi itu tidak dibenarkan dan menyalahi aturan.

“Memang ditemukan fakta knalpot brong banyak yang digunakan untuk harian termasuk bekerja. Padahal itu mengganggu pengguna jalan lain dan tidak sesuai standar dan aturan,” tegasnya.

Pihaknya selalu mengimbau masyarakat untuk mematuhi aturan dan rambu lalu lintas yang ada saat berkendara. Termasuk menggunakan knalpot standar.

“Ini demi keamanan serta keselamatan pengendara masing-masing. Serta tidak mengganggu pengendara lainnya saat melintas di jalan,” pungkasnya.

Selain melakukan penindakan tilang dan mengamankan kendaraan, razia yang dilakukan anggota Satlantas Polres Ciamis juga menyampaikan himbauan kepada warga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Seperti mengajak untuk selalu menggunakan masker saat beraktifitas diluar rumah.

(4)