Love Sri Mulyani

  • Whatsapp
banner 468x60

Oleh : Dudung Nurullah Koswara
(Praktisi Pendidikan)

Walau pun pernah mengkritik entitas guru, Saya katakan “Love Sri Mulyani”. Ia sosok yang smart, objektif dan berusaha memberikan sebuah penalaran yang baik. Melihat dua video yang diberikan budayawan Sunda Caca Danuwijaya, nampak Sri Muyani bernarasi objektif terkait kebijakan pemerintah. Apa yang Ia sampaikan sangat clear dan informatif.

Saya pun berharap agar Sri Mulyani tetap menjadi Menteri Keuangan terbaik dan mengawal kelancaran dana peruntukan pendidikan. Terutama dana TPG dan kepentingan kesejahteraan guru lainnya bisa diutamakan. Survei membuktikan ternyata kelancaran dana TPG dan meningkatnya kesejahteraan guru berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Guru adalah aparatur pendidikan yang ada di semua daerah, semua desa dan semua kota besar sekali pun. Memberi kesejahteraan pada entitas guru akan mudah dan cepat berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat. Mulai dari para pedagang kecil, pasar tradisional dan geliat ekonomi daerah terkait kontribusi guru. Saat guru mendapat TPG dan gajian, ekonomi masyarakat jadi lebih hidup dan bertumbuh.

Bila pemerintah segera merekrut sebanyak-banyaknya para guru honorer jadi PPPK atau PNS maka akan sangat siginifikan pengaruhnya pada kesejahteraan masyarakat. Entitas guru itu ada di tengah-tengah masyarakat. Mereka bukan kelompok eklusive dan asing dari masyarakat. Mereka melekat dekat dengan masyarakat.

Mensejahterakan guru sama dengan mensejahterakan masyarakat. Bahkan bukankah sekitar lebih dari 4 juta guru adalah membentuk masyarakat pula? Guru adalah bagian dari tubuh masyarakat itu sendiri.

Guru adalah sebuah profesi mulia dimana orang yang mengambil profesi keguruan cenderung dari golongan ekonomi masyarakat menengah ke bawah. Guru mayoritas lahir dari tubuh masyarakat sendiri dan Ia menjadi bagian tak terpisahkan dengan masyarakat alit, terutama. Entitas profesi guru bukan dari masyarakat elite. Maka tak heran mereka punya ikatan emosional dan personal dengan masyarakat.

Maka jika pemerintah melalui Menteri keuangan Sri Mulyani sangat mengutamakan kesejahteran guru akan lebih baik. Tidak akan rugi bila gaji guru dinaikan, TPG cair tiap bulan, THR dinaikan dan gaji ke 13 pun dilancarkan. Memberi kesejahteraan pada entitas guru sama dengan memberi kesejahteraan pada masyarakat langsung. Mereka hidup di masyarakat, pelayan pendidikan di masyarakat, formal maupun non formal.

Sri Mulyani adalah putri terbaik dari keluarga pendidik. Ia dengan analisis dan kecerdasannya bisa memberikan masukan efektif pada pemerintah terkait keuangan negara dan pentingnya peningkatan kesejahteraan para guru, terutama guru honorer. Bangsa yang mensejahterakan guru akan lebih berkah. Ini bukan narasi modus, melainkan faktanya demikian. Negara-negara yang maju dan sejahtera ternyata guru-gurunya sangat dihormati oleh pemerintah.

Sri Mulyani adalah seorang cendikiawan ekonom diantara yang terbaik di negeri ini. Ia pun pernah dipercaya menjadi pejabat IMF, sebuah prestise luar biasa bagi dirinya dan bagi citra bangsa kita. Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D, lahir di Bandar Lampung, 26 Agustus 1962. Ia adalah wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Informasi lainnya Ia pernah dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets pada 18 September 2006 di sela Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura. Ia juga terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008. Ia wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan Oktober 2007.

Sederet keunggulan Sri Mulyani melekat pada dirinya. Bahkan sejumlah negera lain, konon mulai mengawasi sepak terjang Sri Mulyani. Bukankah Sri Mulyani ponselnya pernah diretas oleh pihak asing? Ini satu indikasi bahwa Sri Mulyani adalah sosok yang sangat diperhitungkan bahkan oleh negara lain. Love Sri Mulyani, apalagi bila terus bekerja di Kementerian keuangan dan memperhatikan nasib para guru terutama kesejahteraan guru honorer.

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60