Puskesmas Sumber Mulya, Laksanakan Vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Iwan Brata

Koran SINAR PAGI, Kab.Muara Enim – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sumber Mulya mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia (lansia).

Kepala Puskesmas Sumber Mulya, Wansori D mengatakan, untuk warga yang berusia di atas 60 tahun dapat mengikuti penyuntikan vaksin Covid-19 di seluruh fasilitas.

“Untuk lansia, kami menargetkan 10 orang per harinya (yang disuntik vaksin),” ujarnya.

Adapun vaksin yang sudah diterima dari Puskesmas Sumber Mulya sebanyak 114 dosis. “Untuk saat ini, ukuran vial vaksin lebih besar, satu vial bisa digunakan untuk 10 sasaran,” terangnya.

Dikatakan, sebelum dilakukan penyuntikan vaksin bagi lansia, pihaknya tetap akan mengecek, suhu badan, tekanan darah, dan gejala penyakit.

“Pelaksanaan bagi lansia agar yang sudah terdata dan terverifikasi langsung mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan untuk disuntik vaksin,” himbaunya.

Disebutkan, para lansia yang mendapat jatah vaksin, bisa memilih tempat vaksinasi Covid-19 yang diinginkan.

“Selain di Puskesmas, pelaksanaan vaksin bagi lansia bisa dilakukan di RSUD Lubai Ulu, namun, terkait pemilihan lokasi tersebut, tetap ada semacam pemberitahuan,” katanya.

Diungkapkan, vaksin untuk tahap dua ini di bawah pantauan Tripika Lubai Ulu bekerjasama dengan Puskesmas dan RSUD Lubai Ulu sesuai wilayahnya masing-masing, “Pendistribusian vaksin lansia untuk Puskesmas Sumber Mulya 114 dosis lansia, dan RSUD Lubai Ulu 340 dosis sasaran lansia 102,” ucapnya.

Pelaksanaan vaksin bagi lansia akan dilakukan secara bertahap, disamping itu, Dinkes juga terus mendata dan memverifikasi lansia yang berhak mendapatkan vaksin di gelombang kedua ini.

Ia memastikan nantinya seluruh lansia yang ada di kecamatan Lubai ulu akan mendapat giliran untuk disuntik vaksin.

Sementara Kasi Trantib Kecamatan Lubai Ulu, Lukman Hakim bersama Kapolsek Rambang Lubai akan menjadwalkan untuk selanjutnya Agar masing masing desa mempersiapkan lansia 10 orang dan nantinya pihak Puskesmas akan mendatangi bagi desa yang sudah menyiapkan lansia untuk di vakasin.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90