Peranan Wanita Karir Dalam Kepemimpinan

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Nurlaela

Koran SINAR PAGI, Subang,- Peran wanita karir dalam kepemimpinan maupun kehidupan bermasyarakat bukan hanya sebagai proses Indeks Pembangunan Manusia (IPM) saja, akan tetapi sudah dianggap sebagai pondasi berstruktur yang kuat. Selasa, (13/04/2021).

Perubahan kian berkembang pesat setelah figur R. A Kartini memperjuangkan hak wanita dalam sebuah pergerakan emansipasi wanita, keberadaan peran wanita sebagai pemimpin kini mulai di hargai dan disetarakan.

Kepala Sekolah SDN. Pabuaran III Lilis Kuraesin ketika ditemui awak media di ruang kerjanya menuturkan, di era jamannya emansipasi wanita merupakan suatu perubahan besar serta kebijakan yang baru. Kiprah wanita dalam persaingan di dunia karir kini kesetaraannya di samakan dengan kaum pria, keberadaan wanita saat ini mulai menunjukkan pilihan untuk berkarir.

“Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa 59% wanita mau berusaha mengembangkan pengetahuan dan keahliannya untuk mencapai tujuan berkarir, lalu sebanyak 55% data diketahui bahwa sebagian wanita cukup puas dengan tingkatan karirnya,” ujar Lilis.

Terwujudnya peran wanita dalam berkesempatan memegang amanah sebagai pemimpin membawa dampak yang mengarah lebih baik, dalam permasalahan akan kesetaraan gender ditandai dengan tidak adanya diskriminasi antara wanita dan pria.
“Dengan demikian, antara pria dan wanita memiliki akses yang sama dalam mencapai sebuah peran kepemimpinan,” jelasnya.

Menurut Lilis, kini wanita mampu memberikan suara untuk berpartisipasi dan bersinergi dalam berbagai hal pembangunan, tentu hal ini adalah sebuah kebijakan yang bisa memperoleh manfaat dari kesetaraan gender yang adil.

“Kini saatnya para wanita maju untuk bisa memiliki peran penting dalam kepemimpinan, tidak salah kan kalau wanita menjadi seorang pemimpin,” ucap Lilis seraya meluapkan candaan.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90