Pembukaan Lomba Bercerita Tingkat SD/MI Se-Kab. Bangka Th. 2021

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Sermon Simanihuruk

Koran SINAR PAGI, BANGKA,- Pembukaan Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar (SD)/MI Se- Kabupaten Bangka Tahun 2021 oleh Bapak Andi Hudirman Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka, di Hotel Novilla Sungailiat ,Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel) Selasa, (23/03/2021)

Pada acara tersebut tampak hadir Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Propinsi Bangka Belitung
, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka, ibu-ibu dari Dharma wanita Kabupaten Bangka dan ibu atau bapak-bapak pembimbing anak kita bercerita se-kabupaten Bangka, Kepala Sekolah, terutama kepada ibu bapak guru yang hadir pada hari ini untuk melihat penilaian kualitas dari anak-anak kita peserta lomba hari ini.

Dasar pelaksanaan sesuai dengan Undang Undang tentang kepustakaan Nomor 43 Tahun 2007 dan tujuan kegiatan ini pertama kita menumbuhkan karakter cinta tanah air, memiliki inovasi rasa untuk berjuang, untuk menjadi yang terbaik dan juga untuk menghormati m,kata Syahbudin.

karena yang dilombakan ini adalah cerita budaya, diharapkan anak-anak kita mencintai budaya local kita. Dan juga nanti yang menjadi yang lebih berkualitas akan kita ikut sertakan pada lomba tingkat Provinsi
Bangka Belitung (Babel)

Untuk peserta ada 16 orang dari 8 kecamatan. Waktu pelaksanaan 3 hari tanggal 23 – 25 Maret 2021 di Hotel Novilla. Kami ucapkan terima kasih kepada hotel novilla karena setiap tahun kita laksanakan kegiatan ini di hotel ini walaupun berkat kerjasama kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik. Dan selaku juri, Ibu Kurniati, ibu ini selaku penulis dan juga guru SMK Negeri 1 Sungailiat. Dan kita ada 2 orang dari pustakawan kita.

Untuk anak-anak kita yang menjadi peringkat 1 sampai 3. Kalau ada dari Bapak-bapak, ibu-ibu yang berniat memberikan trofi untuk motivasi anak-anak kita, silahkan karena kami membuka peluang untuk itu. Dan juga kegiatan ini dibiayai dari APBD

Ini mungkin perpustakaan yang menyelenggarakan, tapi Dikpora juga bergandengan untuk membangun agar anak kita rajin membaca.

Lomba ini merupakan salah satu guna mengembangkan budaya membaca di kalangan anak-anak. Tujuannya Menumbuhkan kembang minat dan gemar membaca melalui berbagai media untuk meningkat persatuan dan kesatuan bangsa walaupun karena pandemi covid anak-anak belajar di rumah, anak-anak makin lama makin susah mengendalikan anak-anak kita untuk membaca. Yang kedua menarik minat membaca terutama buku-buku budaya local. Dan menumbuhkan budaya nasional kita.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang generasi penerusnya dibentuk melalui pola didik baik pendidikan formal maupun nonformal yang mengacu pada peningkatan moral, intelekual, keterampilan serta kreatifitas dengan melibatkan peranan keluarga, sekolah maupun masyarakat dalam upaya menumbuh kembangkan gemar membaca anak sejak usia dini.

UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan menyebutkan bahwa upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembudayaan, pembudayaan gemar membaca dapat dilakukan melalui tiga jalur yang pertama keluarga, yang difasilitasi pemerintah daerah melalui buku murah dan kualitas, yang kedua satuan pendidikan dengan mengembangkan dan memanfaatkan perpustakaan sebagai proses pembelajaran, yang ketiga masyarakat yaitu dengan menyediakan sarana perpustakaan di tempat umum yang mudah dijangkau, murah dan bermutu.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam membudayakan gemar membaca melalui lomba bercerita yaitu Lomba Bercerita tingkat SD/MI. Kegiatan yang secara terus menerus dengan harapan upaya gemar membaca di kalangan anak-anak. Mudah-mudahan temanya tentang covid. Nanti juaranya dikasih hadiah juara 1 nya 1 juta, juara 2 750 ribu dan juara 3nya 500 ribu kalau cerita tentang covid 19. Jangan cerita yang monoton tapi cerita yang kekinian.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90