DPRD Nilai Labkes Jabar Harus Berstandar Internasional

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Dwi / Deviant

Koran SINAR PAGI,Bandung,- Komisi V DPRD Jawa Barat mendorong Labortorium Kesehatan (Labkes) Jawa Barat menjadi tempat layanan masyarakat bertaraf internasional. Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat, Ade Kaca, hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, karena jumlah penduduk Jabar paling banyak.

Menurut Ade, dirinya sudah meninjau langsung kondisi di Labkes Jawa Barat yang berada Jalan Sederhana, Kota Bandung. Saat itu, ia mendapat berbagai informasi dari Kepala TU Labkes Jawa Barat Rasidin, Kasi Pelayanan Riyan Ristandi, dan Kasi Mutu dan Pengembangan Rini Robiani.

Berdasarkan kunjungannya itu, Labkes Jawa Barat memiliki sumber daya manusia dan peralatan yang unggul. Menurutnya, ini terbukti dari kinerja yang baik dalam penanganan pandemi. “Kinerjanya terus meningkat selama pandemi ini. Semua sampel covid-19 diuji dengan baik, akurat, dan cepat,” ujar Ade di Bandung, Selasa (16/3).

Oleh karena itu, menurut Ade, ia mendukung adanya proses migrasi status Labkes Jawa Barat dari PTPD menjadi BLUD agar pelayanan lebih maksimal dengan keleluasaan pengelolan anggaran untuk memenuhi standar pelayanan. 

“Bila perlu, Labkes ini kita bangun dengan standar internasional. Untuk memaksimalkan pelayanan, mulai dari standard gedung, alkes, SDM dan fasilitas lainnya,” kata Ade. Ia melihat langsung beberapa fasilitas  laboratorium yang ada untuk meyakinkan sejauh mana upaya Labkes Jawa Barat dalam memberikan layanan terhadap masyarakat.

Dengan begitu, kata Ade, pihaknya juga akan mendukung pemenuhan hal-hal ysmg diperlukan untuk meningkatkan pelayanan Labkes Jawa Barat. “Demi kepentingan kesehatan masyarakat, kami akan support terus Labkes Jabar agar bisa meningkatkan pelayanan secara maksimal. Kami juga akan berkoordinasi dengan Banggar DPRD agar memberikan dukungan anggaran yang maksimal,” katanya.

Sementara menurut  Kepala TU Labkes Rasidin mengungkapkan, Labkes Jawa Barat saat ini terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Rasidin mengatakan, sejak awal adanya pandemi Covid-19, jajarannya harus ekstra kerja dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

“Alhamdulillah, seperti telah disampaikan Bapak Gubernur Ridwan Kamil beberapa waktu lalu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus menggenjot kinerja Labkes,” kata Rasidin seraya mengatakan, saat ini pihaknya sudah mampu melakukan untuk tes Covid-19 sekitar 1.200 orang per hari. 

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90