DPC IPJI Ciamis Siapkan Quick Respon Tampung Informasi Masyarakat Untuk Publikasi

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis – Tupoksi media begitu penting dalam perkembangan komunikasi saat ini. Media massa mengacu pada teknologi yang digunakan sebagai saluran untuk berkomunikasi dengan lebih banyak orang. Media massa digunakan untuk menjangkau perhatian khalayak luas.

Ketua Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Arif Ma’ruf mengatakan, di era globalisasi, media massa telah menjadi alat kontrol sosial dan pilar keempat demokrasi dimana kebebasan pers digunakan sebagai alat ukur untuk melihat demokratisasi.

“Media yang netral berarti media yang bergerak secara independen, kredibel, dan mandiri dalam menjalankan tugas jurnalistiknya, sehingga masyarakat tidak tertipu terhadap fakta yang sebenarnya terjadi,” ungkap Arif Golun,

Disampaikan dihadapan para awak media yang tergabung dalam organisasi IPJI ketika acara konsolidasi bertempat di Sekretariat IPJI Ciamis, Kamis (04/03/2021).

Arif berpesan kepada seluruh jurnalis yang tergabung di IPJI agar senantiasa mengedepankan kepentingan masyarakat meskipun lewat sebuah karya jurnalistik.

Selain itu, pihaknya akan selalu terbuka untuk memfasilitasi masyarakat dalam hal informasi yang perlu dipublikasikan.

“Kita terbuka menyerap informasi dari masyarakat. Karena media difungsikan sebagai pilar keempat bangsa. Namun tetap jangan memberitakan berita bohong (hoax) Pelaksanaan Pers harus sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. “Saya tekankan kepada para jurnalis tulislah berita yang benar,” ucapnya.

Arif juga menghimbau agar masyarakat pengguna media sosial lebih bijak dan cerdas dalam menyikapi setiap berita, agar tidak langsung di cerna hingga termakan informasi yang tidak faktual.

Masyarakat harus ikut serta berperan dalam membangun Ciamis yang lebih baik.kita dengan para anggota akan selalu menjalankan tugas mengawal apapun kebijakan.

“Saya berharap rekan-rekan IPJI selalu membuat karya yang dapat berdampak baik khususnya bagi Kabupaten Ciamis,” katanya.

Guna mempermudah dalam pelayanan bagi masyarkat Tatar Galuh Ciamis, dalam hal ini DPC IPJI Kabupaten Ciamis, hadirkan layanan Quick Respon dengan Nomor Call Centre : 081804212224, pungkasnya.

(14)