SDN 7 Lubai Ulu Siap Bersaing Dalam Lomba Sekolah Adiwiyata Tingkat Propinsi Sumatera Selatan

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Iwan Brata

Koran SINAR PAGI, Kab.Muara Enim – Dalam rangka mempersiapkan lomba Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sumatera Selatan, SDN 7 Lubai Ulu mengadakan pembinaan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah tersebut.

Menurut penjelasan salah satu Guru SDN 7 Lubai Ulu, untuk mencapai keberhasilan tersebut salh satunya adalah adanha kekompakan dan tak luput juga dari peran kepala sekolah yang gigih besinergi dalam upaya membina lingkungan melalui kegiatan rutin yang merupakan program binaan Dinas Lingkungan Hidup ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan.

Salah satu pembahasan dalam pembinaan ini ialah mencocokan kegiatan fisik dengan administrasi. “Seperti yang kita tau bahwasannya Adiwiyata cenderung menenkankan kepada nilai edukasi atau pembiasaan, contoh mudahnya ialah membiasakan anak-anak  untuk bertanggung jawab seperti membiasakan menempatkan sampah pada jenisnya, sehingga Sekolah Adiwiyata nantinya akan membentuk budaya dilingkungan sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah,” tuturnya.

Sementara menurut orang no 1 di SDN 7 Lubai Ulu, Amna,S.Pd, kegiatan pembinaan Sekolah Adiwiyata untuk mempersiapkan Adiwiyata tingkat provinsi ini dilakukan agar setiap sekolah siap untuk maju ke tingkat selanjutnya tentu sudah memiliki inovasi yang telah dipersiapkan.

“Untuk bisa mendapatkan inovasi dimulai dari masalah yang diangkat mengenai Pengambilan identifikasi masalah ini juga dapat diambil dari permasalahan lingkungan hidup atau yang biasa disingkat SEKAM (Sampah, Energi, Keanekaragaman Hayati, Air, Makanan),” ujar Amna.

Dikatakan, dengan adanya program Adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita serta dapat menciptakan karakter baru peduli lingkungan, jelasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60