Pembukaan Kursus Wasit C3 Askab PSSI Bangka oleh Mulkan,SH.,MH.

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta. : Sermon S.

Koran SINAR PAGI , Bangka, – Bupati Bangka Mulkan SH.MH resmi membuka kursus pelatihan wasit C3 Askab PSSI Bangka di gedung ST.12 Sungailiat, Kab Bangka, Prov. Babel ,Senin (1/03)

Pembukaan pelatihan kursus wasit C3 tampak hadir ,Direktur Bank Sumsel Babel Cab Sungailiat,Ketua Askab PSSI Bangka Belitung,Ketua Askab Kabupaten Bangka,Para Instruktur dari Jakarta,Para panitia khusus Wasit C3,Para peserta kursus wasit yang hadir dan Panitia yang terdiri dari 2 Kabupaten.

Hari ini penting bagi para wasit kita karena tanpa wasit ini pertandingan sepak bola kita akan kacau dan semerawut, kata Mulkan.

Lanjut Mulkan, kami atas nama pemerintah daerah kabupaten bangka mengucapkan terimakasih kepada para panitia terkhusus wasit (C3 ).C3 itu adalah Cerdas, Cermat dan Cekatan. Jadi itu yang harus dimiliki oleh para wasit dan juga harus cerdas, karena tidak ada wasit yang tidak cerdas dan harus cermat. Dan ( C3 ) ini harus dimiliki oleh para wasit dasar di Kabupaten (C2) nya ada di Propinsi dan (C1) nya ada di pusat ataupun nasional, kata Mulkan.

Wasit itu sangat penting kalau yang sifatnya olahraga, jumlahnya cukup banyak baik itu sepakbola, tenis meja, pasti membutuhkan wasit dan juga wasit itu harus memiliki kemampuan. Sehingga hal inilah yang akan diberi oleh para instruktur kita kepada para wasit – wasit ini. Jadi tidak sembarangan menjadi wasit. Wasit itu harus siap, ujarnya.

Dengan ada kursus inilah yang akan menambah ilmu pengetahuan, jadi wasit itu harus memiliki (3C) tadi, dan wasit itu harus netral independen. Wasit itu jangan berpihak ke pihak manapun karena wasit itu yang akan membuat suasana di dalam permainan itu tertib tapi kalau wasitnya juga tidak menjaga kenetralan pasti sportivitas pemain akan hilang semua. Padahal olahraga itu menjunjung sportivitas, ungkapnya

Karena bola ini olahraga yang merakyat. Contohnya kita punya wasit perempuan. Dan inilah yang harus kita lakukan. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada instruktur yang datang untuk memberi ilmu kepada wasit wasit kita ini. Jadi dengan adanya para instruktur inilah nanti jangan malu malu bertanya. Wasit itu harus benar-benar cerdas, cermat dan cekatan, tuturnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90