Disperkim Jabar & Greeny Sosialisasi Nyetor Sampah Jadi Berkah & Rumah

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta: Dwi Arifin
Koran Sinar Pagi (Kota Bandung)-, Kepala Dinas Perumahan dan permukiman Jabar membuka soft launching gerakan Nyeupah menyetor sampah jadi berkah dan tabungan rumah. Acara dihadiri ketua bank sampah Bersinar, Executive officer Greeny, chief executive officer Advice Media digital, perwakilan dinas dan warga sekitar. Kegiatan berlangsung di halaman kantor Dinas Perumahan dan permukiman Jawa Barat Jalan Kawaluyaan Kota Bandung.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Disperkim Jawa Barat Boy Iman Nugraha S.T, M.T menjelaskan program ini awalnya dibuat bagi mereka penghuni apartemen transit. Jadi mereka ini diarahkan dapat mengelola sampah tempat tinggalnya secara mandiri dijadikan tabungan untuk rumah hunian di masa depannya dengan menabung sampah untuk bisa menjadi tambahannya. Jadi targetnya program ini bisa mencetak alumni dari penghuni apartemen transit. Agar mereka memiliki rumah yang layak. Nanti kalau mereka sudah berhasil kita upayakan setiap kunci kunci rumahnya itu diserahkan oleh pak gubernur langsung saat peresmiannya.

Program ini di kerjasamakan dengan berbagai pihak terkait. Dalam acara tersebut Kepala Dinas meneguhkan programnya bahwa Disperkim ini sangat serius menangani permasalahan Perumahan dan permukiman untuk kehidupan layak sehat bagi warga di Jawa Barat

Rangkain acara kepala dinas ditutup dengan sosialisasi penggunaan aplikasi Greeny yang termasuk produk aplikasi yang dapat mengelola sampah mulai dari cara pengelompokannya hingga penjualannya dengan melalui aplikasi. Hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri dan percontohan pengelolaan sampah di kawasan permukiman. Kita kerjasama dengan pihak RW dan pemerintah setempat untuk memanfaatkan aplikasi ini.

Secara umum, gerakan ini dapat disebarkan diterapkan ditengah masyarakat luas. Untuk membangun kebiasaan melakukan setoran sampah ke TPS3R atau pengelola lingkungan untuk dilakukan pengumpulan sampah dan dicatat untuk selanjutnya akan dijual kepada bank sampah terdekat berdasarkan berat sampah nilai ekonominya yang disetorkan lalu jadi uang berupa deposito.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90