Pulihkan Ekonomi Masyarakat, Anggota DPRD Kab.Sukabumi, Usep Wawan Fasilitasi Pembentukan Koperasi

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Ayi/Romli

Koran SINAR PAGI, Kab Sukabumi – Berupaya membantu pulihkan perekonomian masyarakat, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, dari Fraksi Gerindra, Usep Wawan, turun langsung fasilitasi warga Kecamatan Palabuhanratu membentuk koperasi dengan menghadirkan pihak berkompeten di bidang perkoperasian, dalam hal ini Dinas PKUKM, Kab.Sukabumi.

Menurut Usep, dirinya akan terus berupaya mendorong pemulihan perekonomian masyarakat yang saat ini sedang terpuruk karena imbas dari wabah Covid-19, “Perlu sebuah komitmen dalam membangun suatu wadah ataupun lembaga, karena tanpa komitmen yang baik dan perencanaan yang matang wadah tersebut tidak akan berjalan dengan baik,” ucap Usep, Jum’at (05/02/2021).

Secara tidak langsung, lanjut Usep, dengan dibentuknya koperasi ini, akan menjadi penguatan ekonomi warga. “Melalui koperasi kita mengedepankan asas kekeluargaan, ini jadi sebuah pemberdayaan masyarakat dalam pemulihan ekonomi,” imbuhnya.

Kepala Bidang Bina Koperasi DPKUKM Kab.Sukabumi, Reni Ratnawati sangat mengapresiasi keinginan warga untuk membentuk Koperasi, menurutnya ini salah satu cara dalam rangka pemulihan ekonomi nasional ataupun daerah.

“Koperasi adalah pilihan dan solusi, bagi pemulihan ekonomi masyarakat ditengah pandemi, diharapkan kedepan ini kn lebih maju,” katanya.

Untuk sementara akan dilakukan penyuluhan terlebih dahulu, ujar Reni, selanjutnya pra koperasi selama tiga sampai enam bulan, baru kemudian membentuk koperasi, jelasnya.

Kedepannya, kata Reni lagi, akan ada pembinaan berjenjang, mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga tingkat kabupaten bahkan bisa sampai ke tingkat pusat, pungkasnya.

Hal teknis juga disampaikan Kasi Kelembagaan Koperasi, Asep Saeful Anam, “Koperasi Primer adalah Koperasi yang didirikan oleh dan beranggotakan orang-orang sedikitnya 20 orang, sedangkan Koperasi Sekunder, Koperasi yang didirikan badan hukum Koperasi (gabungan badan-badan hukum Koperasi), sedikitnya didirikan oleh tiga badan hukum Koperasi,” jelasnya.

Menurutnya banyak jenis koperasi yang berkembang saat ini, antara lain, Koperasi Konsumen, Koperasi Pemasaran, Koperasi Produsen, Koperasi Jasa dan Koperasi Simpan Pinjam.

Hadir dalam pembentukan Koperasi yang diberi nama Ratu Cipta Buana (RCB) tersebut, Ketua Fraksi Gerindra Kabupaten Sukabumi, Ketua DPD Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia (PNTI) Kabupaten Sukabumi, para pedagang kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pantai Citepus, pengelola jasa parkir, para ketua kelompok Budi Daya dan pengolah ikan, kelompok Tani, pelaku usaha home industri, pengrajin cendera mata dan warga para calon anggota.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90