DPD KNPI Harap Tak Hanya Loyal Pada Pimpinan, Sekda Harus Mampu Menjadi Penyambung Kepentingan Rakyat

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Garut ucapkan selamat atas dilantiknya Yana Nurdin sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, selain mengucapkan selamat, DPD KNPI Kabupaten Garut juga menyampaikan harapan, setidaknya terjadi penyegaran tidak hanya pada siapa yang menduduki jabatan tersebut, tetapi juga kinerjanya dalam memajukan Kabupaten Garut.

“Akhirnya Kabupaten Garut memiliki Sekretaris Daerah (Sekda) Definitif setelah setelah hampir 8 (Delapan) bulan mengalami kekosongan” ucap Ryan, Wakil Ketua 1 DPD KNPI Kabupaten Garut, Senin (1/2/2021).

Lanjut Ryan, Sekretaris Daerah di era desentralisasi politik atau otonomi daerah memiliki peran yang sangat penting dalam menyukseskan otonomi daerah di masing-masing wilayah. Mereka dituntut bisa menjadi Kawan Berjuang kepala daerah.

Ryan yang juga aktif di organisasi AMPI dan SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Garut ini menyampaikan, Sekda harus memainkan perannya dengan sebaik mungkin dikarenakan hari ini pemerintah adalah sebuah lembaga yang mengelola sebuah urusan yang sangat penting yang disebut dengan business of trust (bisnis kepercayaan).

“Tugas Sekda adalah membantu mengelola kepercayaan rakyat tersebut, sehingga tidak hanya loyal terhadap kepala daerah, namun juga Sekda harus mampu menjembatani antara kepentingan rakyat dan pimpinan, Oleh karena itu Sekda merupakan perangkat yang paling tepat untuk merasionalisasikan keseluruhan visi dan misi politik kepala daerah untuk bisa dikanalisasi ke dalam seluruh sektor pembangunan” ujarnya.

Ryan mengutip pendapat Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Pemerintahan, Suhadjar Diantoro. Beliau mengatakan “peran Sekda sangat sakral, sepertiga kunci sukses otonomi ditentukan oleh Sekda sebagai koordinator SKPD-SKPD yang mendukung kebijakan dari kepala daerah. Dia mengibaratkan posisi Sekda bagaikan leher didalam sebuah organisasi.
Dan dua per tiga kunci sukses dalam menjalankan otonomi daerah, lanjut Suhadjar, adalah kepala daerah dan kontrol serta partisipasi rakyat. Oleh karena itu, Sekda harus bisa membantu kepala daerah untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pemerintahan”.

Bagi Ryan setidaknya Sekda sekarang harus Komunikatif, Komunikatif dimaknai dengan kemampuan untuk memahami dinamika yang berkembang pada masyarakat hari ini, menjalin komunikasi dengan semua unsur, menyerap semua masukan dan memilahnya dengan baik untuk kemajuan Kabupaten Garut. Pungkasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90