Sambut Hari Pers 2021, PWI Di Daerah Gelar Lomba Jurnalistik Berbagai Tema

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI-, Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang jatuh pada 9 Februari 2021 nanti, PWI Riau kembali menggelar Lomba Karya Tulis Jurnalistik (LKTJ) dan Lomba Karya Foto Jurnalistik (LKFJ)  Raja Ali Kelana. Temanya “Pers dan Covid-19”.

Tulisan dan foto yang diperlombakan adalah karya jurnalistik yang sudah diterbitkan di media massa mulai 1 Maret 2020 sampai 31 Januari 2021. Total hadiah yang disediakan sebesar Rp.25 juta  uang tunai untuk pemenang dan nominator.

LKTJ dan LKFJ Raja Ali Kelana 2021 ini berbeda format dari lomba yang sudah digelar pada tahun-tahun sebelumnya. Bedanya, pada Raja Ali Kelana 2021 ini, nominatornya ditetapkan sebanyak 20 wartawan untuk LKTJ dan 10 fotografer untuk LKFJ. “Untuk pemenang, tetap satu orang untuk LKTJ dan satu orang untuk LKFJ,” jelas H Zulmansyah Sekedang, Ketua PWI Riau seraya menyebutkan semua karya jurnalistik nominator dan pemenang akan dibukukan.

Karya tulis yang akan dibukukan ini berbentuk feature pengalaman wartawan dalam mencari dan membuat berita dimasa pandemi Covid-19 di Provinsi Riau. Selain itu feature yang akan dibukukan ini juga akan memuat karya tulis wartawan yang terdampak Covid-19 hingga menjalani masa isolasi.

“Bersempena HPN 2021 ini, PWI Riau memang berencana menerbitkan buku yang isinya karya jurnalistik wartawan di Riau dalam mencari dan membuat berita dimasa pandemi Covid-19. Karya tulis yang akan dibukukan ini berbentuk feature minimal tiga lembar kertas kwarto. Serta wartawan yang mengirimkan tulisannya harus mengirimkan foto dalam bentuk file ke email yang disiapkan panitia,” jelas Zulmansyah.

Selain itu, lanjut Zulmansyah, setiap wartawan yang mengirimkan karya tulisnya atau karya fotonya harus menyebutkan media tempatnya bekerja. “Karya tulis feature dan karya foto ini paling lambat dikirimkan ke panitia PWI Riau tanggal 30 Januari 2021. Peserta dapat mengirimkan karya tulisnya ke email pwiriau@gmail.com,” Kata Zulmansyah

PWI dari daerah lainpun menyelanggarakan kegiatan yang sejenis. Ketua Panitia HPN 2021 PWI Kabupaten Bandung, Asep Sahrial mengatakan ada sejumlah kegiatan yang akan dilakukan dalam rangkaian peringatan HPN tahun ini.

Kegiatan yang akan belangsung adalah lomba foto dan artikel jurnalistik. Lomba ini dibuka bagi masyarakat umum, dengan syarat memiliki KTP Kabupaten Bandung.

“Syarat lengkapnya bisa dilihat di instagram @pwikabbandung,” ucapnya.

Selain itu, kata Asep, PWI Kabupaten Bandung juga akan menggelar pelantikan pengurus baru periode 2021-2023.

Pelantikan pengurus baru dilakukan di rangkaian HPN 2021 sebagai momentum khusus. Bahwa di peringatan HPN ini, PWI Kabupaten Bandung berharap insan pers di Kabupaten Bandung diharapkan lebih independen dan terus berjuang mengawal demokrasi.

“Karena media adalah pilar keempat demokrasi. Dimana insan pers dan media harus hadir menjadi kontrol sosial dan mengawal demokrasi yang sebenar-benarnya. Dan tentu menjadi agen masyarakat membongkar praktik-praktik tirani yang tentu merusak tatanan demokrasi di Indonesia,” tutupnya. (Sumber: pelitariau.com & Ayobandung.com)

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90