DNK, “Menjadi Seorang Penulis Itu Menguatkan Kemandirian”

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Avenk

Koran SINAR PAGI, Kota Sukabumi – Bagi Dudung Nurullah Koswara atau yang biasa disapa Pak DNK yang merupakan salah satu penulis paling produktif di PB PGRI, menulis adalah sebuah rutinitas yang tidak bisa ditinggalkannya, dan seolah telah menjadi “candu”.

Hampir disetiap kesempatan dia selalu menuangkan ide, harapan bahkan kritik yang ada dalam relung hatinya pada sebuah tulisan, sehingga tak heran bila sampai saat ini sudah ratusan bahkan ribuan karya tulis yang telah dihasilkannya, dimana sebagian diantaranya telah dicetak dalam beberapa judul buku.

Sebagai salah satu Ketua Pengurus Besar PGRI yang paling aktif menulis, DNK menjadikan tulisan sebagai media syiar pendidikan dan organisasi, “Diera pandemi, ada satu langkah syiar organisasi yang bisa dilakukan setiap saat yakni dengan tulisan, “Tulisan Menembus Ruang dan Waktu”, ucapnya, kepada koransinarpagijuara.com.

Dan karena produktivitasnya dalam menulis ini pula, DNK pernah diundang Presiden Jokowi ke Istana Negara.

Saat ditanya bagaimana bisa seorang DNK dengan setumpuk jabatan dan kegiatan masih sempat menulis ? Lalu kapan waktunya menulis ?, padahal, DNK saat ini selain menjabat sebagai Ketua PB PGRI Ia pun punya sejumlah  tanggung jawab mengabdi lainnya yakni : 1) Kepala SMAN1 Parungpanjang, 2) Pembina SRA Kemen PPPA, 3) Dewan Pembina PGRI Kota Sukabumi, 4) Ketua Forum Kepala Sekolah 69 SMA/SMK/SLB Jawa Barat, 5) Ketua Forum Guru Inspiratif Jawa Barat, 6) Pengurus Komunitas Peduli Pendidikan Jawa Barat dan anggota AKSI. Plus puluhan webinar sebagai narasumber.

“Saya menulis lebih banyak pada dini hari atau saat waktu senggang,” jawabnya singkat, Rabu (30/12/20).

Bagi DNK menulis adalah kebutuhan zaman kekinian, apalagi di era pandemi, “Bila kita tidak bisa silaturahmi secara fisik karena pandemi, dengan tulisan kita bisa tetap bersilaturahmi “menjumpai secara literatif,” ujarnya seraya mengajak agar para pengurus organisasi mulai belajar menulis.

Sebelumnya DNK dinobatkan sebagai penulis paling produktif di Jawa Barat versi media beritadisdik.com, sebuah media online di Jawa Barat, dimana para penulisnya banyak dari kalangan GTK bahkan sejumlah profesor pendidikan.

“Menjadi penulis itu menguatkan kemandirian. Seorang penulis tidak akan kesepian bahkan Ia selalu kekurangan waktu untuk menulis. Penulis tidak ada pensiunnya dan menjawab Post Power Syndrome,” katanya mengakhiri perbincangan.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90