Sektor Pariwisata Berpotensi Menaikan Kembali Pertumbuhan Ekonomi Akibat Pandemi

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis – Sektor Pariwisata di Kabupaten Ciamis merupakan salah satu sektor yang berpotensi untuk menaikan kembali laju pertumbuhan ekonomi akibat pandemi covid – 19.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pada kegiatan pembukaan acara Galuh Travel Mart dengan tema “The Charm of Galuh Land as The Centre of Civilagations” yang di hadiri BPPD Provinsi Jabar secara secara Virtual, Bupati Ciamis, Forkopimda, dan ditayangkan Live Streaming on Youtube, Bertempat di halaman Kantor Tourism Information Center (TIC), Senin (14/12/20).

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) yang telah menyelenggarakan acara tersebut.

“Terima kasih kepada BPPD yang terus berupaya meningkatkan sektor pariwisata di Kabupaten Ciamis, semoga itu juga akan berdampak terhadap naiknya perekonomian di Kabupaten Ciamis.” Katanya

Herdiat berharap, melalui kegiatan Galuh Travel mart ini bisa bermanfaat sebagai salah satu bentuk sarana pengembangan pariwisata di Kabupaten Ciamis.

Menurutnya, pertumbuhan laju ekonomi di Kabupaten Ciamis tengah mengalami penurunan yang di akibatkan pandemi covid-19, sehingga dengan banyaknya potensi pariwisata di Kabupaten Ciamis harus lebih terintegrasi sehingga dapat membantu memulihkan laju perekonomian di Kabupaten Ciamis.

“Ditengah pandemi tentu kita juga harus bisa bangkit dari keterpurukan, salah satunya di sektor pariwisata, saya ingin pariwisata di Kabupaten Ciamis lebih terintegrasi, hal ini tentu dengan kerjasama dan dukungan dari dinas terkait, seperti pertanian, peternakan, perhutanan dan yang lainnya sehingga akan bisa lebih terintegrasi,” jelasnya.

Bupati mencanangkan beberapa titik zona terintegrasi untuk sektor pariwisata di wilayah Kabupaten Ciamis, diantaranya wilayah utara sebagai wisata alam, sejarah termasuk wisata religi, sementara untuk zona tengah ia mencanangkan akan di fokuskan untuk zona pemerintahan.

Selain itu, terdapat zona selatan yang akan dikembangkan sebagai wisata alam wisata yang betul-betul masih alami dan belum tersentuh dan mempunyai potensi yang luar biasa.

“Saya harap dengan dukungan semua pihak baik dari pusat maupun daerah bisa dapat mendorong dan bangkit dari keterpurukan dengan upaya meningkatkan sektor pariwisata. Sehingga wisatawan dapat datang ke Kab Ciamis karena benar-benar layak untuk dikunjungi,” pungkasnya

Sementara itu Ketua BPPD Kabupaten Ciamis Endang Haris Juanda mengatakan salah satu alasan diselenggarakanya Galuh Travel Mart yaitu merealisasikan salah satu program BPPD tahun 2020.

Dengan tujuan meningkatkan citra kepariwisataan di Indonesia, meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara, meningkatkan devisa dan menggali keuangan diluar APBD dan APBN.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90