Dana Desa Kab.Garut Belum Dicairkan, Ini Alasannya

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut – Dana Desa tahap 3 senilai 20% di Kabupaten Garut hingga saat ini tak kunjung cair, beberapa desa menunggu pencairan dana desa yang saat ini belum dicairkan. Pasalnya hampir pertengahaan bulan yang jatuh pada akhir tahun ini belum ada pencairan.

Dalam hal ini, Kabid Pemdes Kabupaten Garut, Fahmi Fauzi menuturkan dalam kondisi normal pencairan dana desa ada 3 komponen yaitu Peraturan Kepala Daera (Perkada), menyampaikan Perda APBD, dan laporan realisasi penyaluran Dana Desa tahun sebelumnya.

Namun setelah adanya Covid-19 ini komponen ditambahkan menjadi 5 komponen. Pada komponen tambahannya yang kedua ini menjadi kendala rekan-rekan desa, hal ini mengalami perubahan APBDes sehingga berdasarkan regulasi turunan instruksi baik itu pengadaan masker dan sebagainya.

“Kita mengalami beberapa perubahan, minimal 4 kali perubahan, nah ini yang menjadi kendala dari rekan-rekan kita di desa sehingga ada keterlambatan menyampaikan dokumen tersebut,”ungkapnya, Jumat (11/12/2020) saat diwawancarai di aula Desa Cihuni Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut.

Karena ada intruksi paling telat tanggal 14 Desember 2020, bahkan hari ini juga radiogram sudah di dibuatkan mudah-mudahan hari Senin sudah bisa dicairkan. “Adapun sisanya mungkin pemberdayaan yang sifatnya tidak terlalu krusial dalam masalah waktu setelah dicairkan,” pungkasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90