Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN)

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Iwan Brata

sigiku.com, Kab.Muara Enim – Dalam rangka mewujudkan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, transparan, efektif dan efisien sebagai tolak ukur terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang baik (good Governance) bagi percepatan reformasi birokrasi di daerah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan untuk meningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.

Untuk itu, daerah diharapkan memiliki prakarsa dalam meningkatkan pelayanan publik sehingga posisi pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik berubah dari ‘dilayani’ menjadi ‘melayani’.

Peningkatan pelayanan publik di daerah dapat dilakukan dengan optimalisasi peran kecamatan. Pada dasarnya kondisi wilayah yang letak geografisnya agak jauh karena berada jauh dari kota dan

Secara filosofis, kecamatan yang dipimpin oleh camat perlu diperkuat dari aspek sarana prasarana, sistem administrasi, keuangan dan kewenangan bidang pemerintahan. Untuk itu camat melaksanakan kewenangan, dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2009 tentang Kecamatan, sepatutnya meningkatkan semangat dari camat dan aparatur kecamatan untuk melaksanakan tugasnya secara optimal dalam penyelenggaraaan otonomi mengingat posisi strategisnya itu maka camat perlu lebih aktif dalam upaya mengoptimalisasi pelaksanaan tugasnya.

Persyaratan utama untuk meyelenggarakan PATEN adalah persyaratan subtanstif, yaitu adanya pendelegasian kepada Camat. Wewenang yang dilimpahkan itu meliputi bidang perizinan dan non perizinan. Pelimpahan wewenang ini menjadi persyaratan substantif, karena tanpa itu, hal ini diperjelas dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2008 tentang Kecamatan pada Pasal 15 ayat (2) yang menyatakan selain tugas umum pemerintahan, Camat melaksanakan kewenangan pemerintahan di kecamatan, seperti halnya yang dilakukan oleh Camat Lubai, Edi Suprianto,SP.,M.Si saat memberikan arahan pada saat Apel pagi di Ruang Paten Kecamatan Lubai, Selasa (8/12/20).

Dia berharap agar kantor Kecamatan Lubai bisa melayani masyarakat dengan baik dan petugas pelayanan bisa mengarahkan masyarakat seperti no antrian dan juga masyarakat bisa duduk menunggu dipelayanan yang telah disediakan sambil menunggu gilirannya masing – masing, pungkasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90